Internasional

ITS, Kampus Pertama Indonesia Penerima Penghargaan AIChE

SURABAYA - Prestasi tingkat internasional kembali diraih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur. Melalui penghargaan bergengsi Outstanding Student Chapter Award dari American Institute of Chemical Engineers (AIChE) Internasional, ITS menjadi kampus pertama di Indonesia yang menerima penghargaan itu. ITS terpilih mendapatkan penghargaan tersebut karena berbagai aktivitas keprofesian dan sosial yang mereka lakukan di tingkat kampus, nasional, hingga internasional.

Penghargaan ini diberikan oleh AIChE Internasional kepada perguruan tinggi di seluruh dunia, yang aktif berkontribusi dalam kegiatan kemahasiswaan dari AIChE. Organisasi ini juga bergerak dalam bidang keprofesian teknik kimia di wilayahnya masing-masing. Rencananya, penyerahan penghargaan baru akan digelar pada 28 Oktober mendatang di acara 2018 AIChE Annual Student Conference di Pittsburg, Amerika Serikat.

“Kegiatan yang kami selenggarakan tersebut dalam rangka mewujudkan internasionalisasi Departemen Teknik Kimia ITS agar siap bersaing di kancah global," kata Student President AIChE ITS SC periode 2017/2018, Ichsan Dwi Nugraha ST.

Penghargaan itu diberikan kepada ITS melalui AIChE ITS Student Chapter (SC). ITS mampu mengalahkan kurang lebih 310 perguruan tinggi lain di seluruh dunia. Termasuk dari Indonesia, dan bergabung bersama 25 pemenang lainnya yang juga terjaring dalam lingkup AIChE Internasional.

Ichsan mengungkapkan, ia bersama timnya merasa sangat bangga dan bahagia atas capaian yang diraih tersebut. AIChE ITS SC tidak menyangka bisa meraih prestasi yang sangat gemilang di tahun pertama kepengurusan mereka.

"Kami hanya berusaha berperan aktif dalam mewujudkan kontribusi keprofesian Teknik Kimia ITS di kancah internasional," ungkap alumnus Teknik Kimia ITS yang baru diwisuda tersebut.

Dengan prestasi AIChE ITS ini, diharapkan ke depannya dapat lebih kontributif lagi dan dapat diminati berbagai kalangan di lingkup ITS. Sebab, menurut Ichsan, keilmuan teknik kimia bukan milik departemen teknik kimia saja.

Namun juga diterapkan oleh berbagai departemen lain. Prestasi yang sudah ada pun harus terus ditingkatkan untuk memberikan manfaat.

"Dengan prestasi terbaru ini, seharusnya dapat semakin membuktikan kepada khalayak jika ITS mampu bersaing dengan kampus lain hingga ke taraf internasional," jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?