Daerah

Pimnas, UM Magelang Targetkan Emas

MAGELANG - Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah berupaya keras untuk kembali meraih emas pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2018 ini. Beberapa persiapan dilaksanakan betul agar mampu meraih prestasi yang ditargetkan. Kelompok Kerja Bidang Penalaran Mahasiswa yang berada di bawah naungan Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) UM Magelang mengadakan Monitroring dan Evaluasi (Monev) Internal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2018.

Terdapat empat reviewer internal pada kegiatan itu, yakni Dr. Rochiyati Murniningsih MP, Dra. Retno Rusdjijati M.Kes, Oesman Raliby al Manan M.Eng, serta Prasojo Pribadi M.Sc. Ke-41 proposal yang direview dibagi dalam dua ruangan di Gedung Fikes. Setiap kelompok mempresentasikan pelaksanaan PKM sesuai proposal di hadapan reviewer selama 15 menit.

"Walaupun masih dalam taraf monev internal, kami tetap mengundang reviewer dari luar yakni Ipang Djunarko, M.Sc, Apt serta Trimurtini M.Pd sebagai reviewer yang kompeten menangani proposal PKM, disamping empat reviewer internal lainnya,“ kata Ketua Pokja Septiyati Purwandari M.Pd.

Menurut Septi, para reviewer akan memberikan masukan agar proposal tersebut dapat lebih sistematis dan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, dapat dipresentasikan dalam monev eksternal awal Juli 2018.

Monev internal terhadap 41 proposal PKM UM Magelang yang lolos pendanaan Dikti tahun 2018, memang dilakukan sebelum dilakukan monev eksternal. Monev dilakukan sebagai upaya monitoring pelaksanaan PKM disamping juga untuk melakukan need assement permasalahan serta kendala dan progres yang ditemui dalam pelaksnaan PKM.

“Selain itu, juga untuk melatih persiapan serta performa mahasiswa dalam hal public speaking,” jelas Septi.

Apa Tanggapan Anda ?