Daerah

Pekan Pendidikan Ala Calon Guru Unnes

SEMARANG - Semangat Hari Pendidikan Nasional terus digelorakan para pelaku pendidikan itu sendiri. Mahasiswa PPG-SM3T Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan pekan pendidikan selama tiga hari. Sekitar 300 mahasiswa terlibat dalam suksesnya acara tersebut.

Pelaksanaan pekan pendidikan ini dikonsentrasikan pada akhir pekan karena padatnya jadwal mahasiswa PPG setiap harinya. Mulai dari Senin sampai Jumat, perkuliahan sampai sore hari, ditambah malam hari masih ada beberapa kegaitan wajib di asrama. Beberapa hari sebelumnya dari tiap jurusan telah diminta untuk mengirim foto-foto bertema pendidikan, untuk dilombakan lewat sosial media instagram.

Pekan pendidikan diawali dengan lomba foto pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan berbagai macam lomba. Seperti voli, lomba permainan balap karung, tarik tambang, memasukkan paku ke dalam botol, dan lomba ranking 1. Selanjutnya, pada malam terakhir diadakan pentas seni dari tiap jurusan dan pemberian hadiah bagi para pemenang.

“Setelah kegiatan akademis selama 3 bulan penuh dengan tugas yang sangat banyak, kemudian ada pekan pendidikan yang sangat menarik seperti ini. Kami sangat terhibur meski tangan saya sampai terluka karena saking bersemangatnya saat tarik tambang tadi,” ujar Unis, salah satu peserta lomba tarik tambang dari jurusan Bahasa Inggris.

Ia mengatakan bahwa pekan pendidikan ini sangat menarik dan menyenangkan. Selain Unis, Eka Siswanti salah satu anggota tim voli dari jurusan Kimia yang juga menjuarai lomba voli ini menyatakan bahwa, ia sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara pekan pendidikan. Ini karena selain merasa terhibur juga dapat mempererat rasa kekeluargaan antar mahasiswa PPG-SM3T Unnes.

“Senang sekali bisa ikut partisipasi, apalagi bisa jadi juara dan dapatin hadiah seperti ini," tuturnya.

Ia mengaku juga bisa lebih kompak, karena banyak lomba yang mensyaratkan kekompakan antar anggota. Salah satunya voli ini. Meski kelompoknya bukan dari jurusan olahraga, namun karena kekompakan dalam satu tim, sehingga bisa jadi juara.

Sebagai rangkaian pekan pendidikan yang terakhir, diadakan pentas seni dari seluruh jurusan dan penampilan, khusus dari mahasiswa-mahasiswa PPG-SM3T yang berasal dari Bali. Setiap jurusan menampilkan berbagai macam seni seperti seni tari, drama, akustik, musikalisasi puisi, dan sebagainya. Selanjutnya, rangkaian acara ditutup dengan penyerahan hadiah bagi para juara dan pemutaran video dari panitia yang berisi kegiatan-kegiatan PPG SM3T Unnes selama 3-4 bulan terakhir.

Ketua panitia Edi Pranata dari Jurusan Geografi menyatakan, beberapa minggu sebelum kegiatan, telah dibentuk panitia yang merupakan perwakilan dari semua jurusan. Mereka berkumpul sebagai perwakilan dari masing-masing jurusan untuk membentuk panitia. Total panitia yang tebentuk adalah 18 orang, termasuk lurah dari asrama putra dan putri.

Nindya Ayu Lestari, panitia lainnya dari jurusan Kimia menambahkan, untuk kegiatan ini panitia telah mempersiapkan segala sesuatunya dengat sangat singkat. Pihaknya meluangkan waktu di malam hari untuk mempersiapkan semuanya.

"Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir,” ujar Nindya.

Apa Tanggapan Anda ?