Daerah

Perwakilan SMAN 1 Kaliwiro Rebut 3 Perunggu Gulat

WONOSOBO - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kaliwiro, Wonosobo, Jawa Tengah mencatatkan prestasi di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah tingkat SMA. Empat siswa atlet dari sekolah tersebut diberangkatkan untuk bertanding di cabang olahraga gulat. Dengan kemampuan yang dimiliki para siswa mampu membawa pulang 3 medali perunggu.

Perwakilan SMAN 1 Kaliwiro mampu mengalahkan atlet dari sekolah lain di Jawa Tengah. Para peraih medali tersebut diantaranya Iing Citra Dewi Rosmana pada kategori gaya bebas putri kelas 46 kg, Titin Suyanti pada kategori gaya bebas putri 52 kg, dan Yunita Sari pada kategori gaya bebas putri 60 kg. Adapun cabang olahraga gulat di Wonosobo dibawah naungan langsung dari Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) .

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMA 1 Kaliwiro, Bapak Karyono yang telah memfasilitasi sarana dan prasana latihan menjelang Popda SMA," kata Muhammad Nuruddin Al Madina, Wakil Ketua PGSI Wonosobo.

Podpa tingkat SMA se Jateng dilangsungkan di Semarang selama tiga hari. Lomba diikuti dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Al Mustofa, Pelatih kontingen Wonosobo mengaku, sebetulnya masih bisa menambah perolehan medali. Itu karena ada satu atlet yang pada Kejurda di Kendal beberapa waktu lalu, mendapatkan medali perak. Namun ternyata justru mengalami cidera pada pertandingan kedua.

"Sehingga kami tidak melanjutkan lagi, takutnya terjadi cidera yang lebih serius," kata dia.

Gulat Wonosobo dibawah naungan PGSI, beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan prestasi. Beberapa prestasi sudah ditorehkan ditingkat provinsi dari Pra Porprov, Kejurda Kadet Remaja dan Popda tingkat SMP maupun SMA. Diharapkan, kebangkitan gulat menjadi kebangkitan bagi cabang olahraga yang lain di Wonosobo.

"Kami menyadari bahwa gulat merupakan olahraga yang jarang diminati oleh masyarakat. Namun kami berusaha memperkenalkan gulat kepada masyarakat Wonosobo," katanya.

Apa Tanggapan Anda ?