Internasional

Unpad Sambut Asian Games dengan Parade

JATINANGOR - Pada tahun 2018, Indonesia diamanahi menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Asia, Asian Games yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Asian Games adalah kompetisi berbagai cabang olahraga yang diikuti oleh atlet- atlet Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali di wilayah Asia oleh Badan organisasi olahraga Asia (Organization Council of Asian / OCA). Hingga saat ini terdapat 45 negara yang menjadi anggota OCA.

Menyikapi itu, Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat menginisiasi kegiatan Pra-Event Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Kota Bandung pada Minggu (8/7/2018) pukul 07.00 – 17.00 WIB di Kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Asian Games 2018 dikemas dalam bentuk Parade Budaya dan Eksebisi Olahraga Tradisioanal dari 46 negara peserta Asian Games. Tema yang diangkat yaitu “Daya Tradisi Asia dari Tanah Legenda” dan akan diintegrasikan dengan Olimpiade Olah Raga Tradisional (OOTrad) dalam rangka Dies Natalis Universitas Padjadjaran ke-61 .

Akan hadir perwakilan kedutaan besar negara-negara ASIA (46 negara peserta Asian Games 2018), mahasiswa asing Asia, mahasiswa Universitas Padjadjaran, dan masyarakat umum sebagai peserta. Rencananya, kegiatan akan dibuka langsung Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia Imam Nahrawi.

Selain sebagai gerbang awal perayaan, promosi dan sosialisasi Asian Games 2018 yang tahun ini diselenggarakan di Indonesia dan Bandung, dijadikan tempat pelaksanaan sepak bola, kegiatan juga bertujuan sebagai ajang untuk memperkenalkan budaya. Yaitu, melalui olah raga tradisional yang dimiliki Indonesia khususnya, dan negara-negara Asia pada umumnya. Selain itu, juga sebagai wujud konkrit pelestarian budaya serta tradisi yang dimiliki Indonesia khususnya, dan negara-negara Asia pada umumnya.

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan terbagi dalam dua rangkaian besar. Yaitu, Parade Budaya dari 46 negara peserta Asian Games berupa jalan santai dari perwakilan negara peserta Asian Games 2018. Dengan rute dimulai dari Kampus Unpad Jalan Dipati Ukur No. 35 menuju Jalan Ir. H. Juanda (Dago) kemudian Jalan Dayang Sumbi – Cikapayang (Jembatan Pasupati) dan kembali ke Kampus Unpad Jalan Dipati Ukur No. 35. Selanjutnya, akan ada eksebisi budaya dan olah raga tradisional yang menjadi ciri khas masing-masing negara peserta Asian Games 2018.

Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games mengikuti olimpiade dengan renang dan atletik sebagai olahraga inti. Ditambah dengan olahraga berciri khas khusus yang mencerminkan budaya dari masing-masing wilayah di Asia. Seperti Sepak takraw (Asia Tenggara), Kabad di (Asia Selatan), Wushu (Asia Timur) dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan ini diaharapkan dapat menjadi sarana promosi dan sosialisasi. Serta pemantik rasa persaudaraan dan ajang siaturahmi 46 negara peserta Asian Games 2018.

Apa Tanggapan Anda ?