Daerah

10 Perguruan Tinggi di Magelang

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

Siedoo.com, Berita Pendidikan — Pendidikan tinggi merupakan salah satu jenjang setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Pada jenjang pendidikan tinggi ini,  ada beberapa tingkatan. Yaitu pendidikan tinggi tingkat diploma, sarjana, magister/master/spesialis dan pendidikan tinggi tingkat doktoral.

Pendidikan tinggi diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Adapun, di Indonesia perguruan tinggi dapat berbentuk akademi, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan universitas. (Baca: Perbedaan Perguruan tinggi berdasarkan Bentuknya.)

Perguruan Tinggi di Magelang.

Magelang merupakan sebuah kota dan kabupaten, bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Magelang terkenal dengan “Pakuning Jawa” yang identik dengan Gunung Tidar adalah pusatnya. Hal ini karena, jika kita tarik garis dari utara ke selatan dan dari timur ke barat, maka titik tengahnya ada di Magelang.

Magelang sendiri merupakan kota kecil yang sangat strategis karena di pertengahan jalur Yogyakarta dan Semarang, Jateng. Iklim di Magelang pun juga bisa dikatakan dingin, cenderung sejuk.

Dengan demikian, kondisi itu menjadikan nyaman dan indahnya Kota Magelang. Magelang juga terkenal dengan sebutan Kota Sejuta Bunga. Fasilitas di Kota Magelang juga hampir semua  ada. Mulai dari kemudahan transportasi, lengkapnya pusat perbelanjaan, seperti pasar tradisonal dan modern.

Iklim yang nyaman dan tenang ini juga mendukung suasana kehidupan warganya. Pendidikan di Magelang dinilai lengkap karena mulai dari jenjang prasekolah, sekolah dasar, menengah, dan pendidikan tinggi ada. Untuk pendidikan tinggi, banyak pilihan yang bisa untuk melanjutkan bagi siswa lulusan SMA/SMK.



Pendidikan tinggi ini diantaranya :

1. Akademi Militer Magelang.

Akademi Militer Magelang
Gambar 1. Akademi Militer Magelang

Akademi Militer (AKMIL) Magelang adalah akademi dibawah langsung Mabes TNI AD. Akmil mempunyai tugas pokok membentuk Taruna Akademi Militer menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga. Lulusan Akmil berkualifikasi Akademis Program Diploma IV Pertahanan yang mempunyai ketrampilan dasar golongan Perwira.

Seleksi pendaftara masuk di Akmil Magelang terbuka luas untuk masyarakat dengan syarat dapat dibaca di : Syarat Penerimaan Taruna Akmil.

Sudah begitu banyak jenderal bintang empat yang merupakan alumni Akmil Magelang. Misalnya seperti, seperti DR Susilo Bambang Yudhoyono MA; Wiranto; Luhut B. Pandjaitan, MPA; dll selengkapnya dapat dilihat di : ALUMNI AKADEMI MILITER YANG BERBINTANG EMPAT

2. Universitas Negeri Tidar.

Gambar 2. Untidar
Gambar 2. Untidar

Sebelum menjadi Universitas Negeri, Universitas Negeri Tidar (Untidar) merupakan universitas swasta dengan nama Universitas Tidar (Untid). Peresmian status menjadi negeri ditandatangani langsung Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan demikian, mulai 2 April 2014 UNTID menjadi UNTIDAR. Universitas ini didirikan pada 2 Mei 1979 silam dan telah meluluskan sekitar 6.000 mahasiswa. Gedung kampus ini tersebar dibeberapa daerah, seperti Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Wonosobo.

Ada lima fakultas yang dimiliki perguruan tinggi ini. Seperti, fakultas ekonomi, pertanian, keguruan & ilmu pendidikan, teknik, serta ilmu sosial & ilmu politik. Total program studinya ada 10, yaitu dua prodi D3 (akuntansi dan teknik mesin). Delapan prodi S1 (aministrasi negara, agroteknologi, ekonomi pembangunan, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa Inggris, teknik elektro, mesin, sipil).

3. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Gambar 3. Universitas Muhammadiyah Megalang
Gambar 3. Universitas Muhammadiyah Megalang

Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMgl) adalah salah satu perguruan tinggi swasta dibawah komando organisasi Muhammadiyah. Kampus ini didirikan pada 31 Agustus 1964 lalu.  Gedung kampus ini di Kota Magelang (Kampus 1) dan Kabupaten Magelang (Kampus 2).



UMMgl ini mempunyai enam fakultas yaitu ekonomi, hukum, KIP, agama Islam, teknik, dan ilmu kesehatan. Total ada 17 program studi yaitu ekonomi akuntansi, ekonomi manajemen, ilmu hukum, bimbingan konseling, pendidikan guru PAUD. Kemudian ada pendidikan guru SD, pendidikan agama Islam, ekonomi syariah, pendidikan guru MI, teknik industri, mesin otomotif D3. Serta, teknik informatika S1, teknik informatika D3, ilmu keperawatan S1, keparawatan D3, farmasi, profesi ners.

4. Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Magelang.

Gambar 4. Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian Magelang
Gambar 4. Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian Magelang

Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Magelang adalah kawah candradimuka penyuluh pertanian. STPP Magelang ini merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Departemen Pertanian. STPP merupakan Unit Pelaksana Teknis Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian.

Bangunan sekolah berlokasi di Jln. Magelang – Kopeng Km. 7 Desa Glagahombo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. STPP Magelang didirikan melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 58 tahun 2002 dengan menyelenggarakan program diploma IV (D-IV) dengan dua program studi (Prodi). Yaitu prodi penyuluhan peternakan dan prodi penyuluhan pertanian sesuai Lampiran Surat Mendiknas Nomor 20/MPN/2002.

5. Akademi Teknik Tirta Wiyata.

Gambar 5. Suasana di Kampus Akatirta
Gambar 5. Suasana di Kampus Akatirta

Akademik Teknik Tirta Wiyata (Akatirta) merupakan akademi yang memiliki misi menyelenggarakan pendidikan, penelitian. Serta, pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyediakan sumber daya manusia profesional dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sekolah menyediakan teknologi dan kebudayaan untuk kemajuan pengembangan di bidang air minum.

Akademi ini mempunyai program studi D3 teknik lingkungan. Akademi ini mempunyai kerjasama diantaranya dengan Kemen PU dan PR, PDAM, Dinas Kesehatan, PT Wavin Indonesia, dll.

6. Sekolah Tinggi Teologi magelang.

Gambar 6. Sekolah Tinggi Teologi Magelang
Gambar 6. Sekolah Tinggi Teologi Magelang

Sekolah Tinggi Teologi Magelang merupakan salah satu Perguruan Tinggi PTA Kristen Swasta di Indonesia yang berbentuk sekolah tinggi. Kampus ini dikelola oleh Kementerian Agama dan termasuk kedalam kopertis wilayah Ditjen Bimas Kristen. Kampus ini berdiri sejak 1 Januari 2001 dengan Nomor SK PT dan Tanggal SK PT .

Sekolah Tinggi ini beralamat di Jln. Soekarno Hatta no.64-66, Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jurusan yang ada di sekolah ini adalah teologi/kependetaan jenjang S1.



7. Politeknik Muhammadiyah magelang.

Gambar 7. Politeknik Muhammadiyah Magelang
Gambar 7. Politeknik Muhammadiyah Magelang

Politeknik Muhammadiyah Magelang menjalankan program pelayanan pendidikannya berdasarkan SK Mendikbud No. 56/D/O.1993 Tanggal 1 Mei 1993. Kampusnya saat ini berlokasi di Jalan Tentara Pelajar No. 12 Muntilan. Program studi yang ditawarkan adalah agrobisnis perikanan, teknik lingkungan industri dan administrasi perkantoran dan bisnis.

8. Akademi Keperawatan karya Bhakti Nusantara.

Gambar 8. Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara
Gambar 8. Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara

Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang didirikan Yayasan Karya Bhakti Magelang. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No: HK.00.11.2399 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 6 Juni 1994. Kampus Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara terletak di  Jln. A Yani Gg. Barito Km.1 Sidotopo Magelang, Jawa Tengah (Jalan Baru Depan RSJ Prof dr.Seoroyo Magelang ).

Proses pendidikan di Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang dilaksanakan dengan sistem kredit semester. Dengan kurikulum yang telah dirancang untuk program pendidikan D III Keperawatan.

9. STAI Al-Husain Magelang (STI AIH), Jawa tengah.

STAI Al-Husain Magelang (STI AIH), Jawa Tengah merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. STAI ini berbentuk sekolah tinggi, dikelola oleh Dikti dan termasuk kedalam kopertis wilayah 6. Kampus ini beridiri sejak 23 Juli 2003 dengan Nomor SK PT Dj.II/244/2003 dan Tanggal SK PT 23 Juli 2003.

Sekolah Tinggi ini beralamat di Jln. Kyai Abdan No. 03 Kawasan GOR Bumi Manunggal Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jurusan yang ditawarkan adalah S1 Ekonomi Syariah, S1 Manajemen Pendidikan Islam, dan S1 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

10. STMIK Bina Patria.

Gambar 9. STIMIK Bina Patria Magelang
Gambar 9. STMIK Bina Patria Magelang



Berdasarkan Akte Notaris Hendrik Lembertus Han Van Hoeven No. 39 tanggal 31 Agustus 1998, Yayasan Bina Patria Nusantara resmi berdiri di Magelang. Dalam rapat Yayasan Bina Patria Nusantara, melalui berbagai pertimbangan dan saran dari Koordinator Kopertis Wilayah VI. Diputuskan untuk mendirikan perguruan tinggi komputer yaitu Bina Patria. Melalui proses yang panjang dan didahului dengan presentasi proposal atau studi kelayakan di depan koordinasi Kopertis Wilayah VI. Akhirnya, pada 9 Juni 1999 berdasarkan SK Mendikbud No. 100/D/0/1999, STMIK Bina Patria secara resmi berdiri dan dapat melaksanakan kegiatan operasional sebagai perguruan tinggi swasta. Prodi yang ditawarkan antara lain S1 teknik informatika, S1 sistem informasi, D3 manajemen informatika, dan D1 manajemen informatika.

Dengan 10 perguruan tinggi itu, Magelang memberikan pilihan bagi masyarakat sekitarnya melanjutkan kuliah. Kuliah yang dekat dengan tempat tinggal merupakan pilihan bagi orang tua mahasiswa agar mereka bisa kuliah sambil dapat membantu orang tua mereka.

Hal ini karena, meski di kota kecil, namun beberapa perguruan tinggi di Magelang sudah banyak yang terakreditasi B. Bahkan, ada yang sudah terakhreditasi A. Dengan demikian, kualitas pendidikan tingginya dapat dikatakan mampu bersaing dengan kota besar sekitar Magelang. Semisal Jogja atau Semarang, Jateng.

Yuuk kuliah di Magelang … Nyaman, adem, berkualitas, fasilitas lengkap, dan aman.

Apa Tanggapan Anda ?