SOSIALISASI. SMK Muhammadiyah 1 Borobudur gelar sosialisasi dan rekrutmen canaker. (foto: ist)
Siedoo.com - SOSIALISASI. SMK Muhammadiyah 1 Borobudur gelar sosialisasi dan rekrutmen canaker. (foto: ist)
Daerah Pendidikan

Kolaborasi dengan IDUKA, SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Gelar Sosialisasi dan Rekrutmen Canaker

MAGELANG, siedoo.com – SMK Muhammadiyah 1 Borobudur kembali mengukuhkan komitmennya untuk menciptakan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja melalui kegiatan sosialisasi dan rekrutmen canaker.

———

Kali ini, mereka menjalin kolaborasi erat dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), guna membuka pintu peluang karir bagi siswa-siswinya. Penyaluran kerjanya bisa ke luar negeri, seperti Malaysia dan Jepang.

Bergerak seiring semangat pendidikan vokasional, kegiatan ini mengusung misi untuk menyelaraskan keahlian yang diajarkan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur dengan kebutuhan industri masa kini.

“Kolaborasi dengan IDUKA memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi pendidikan vokasional kami. Ini bukan hanya tentang mengajar keterampilan teknis, tetapi juga tentang membekali siswa dengan pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan dunia kerja,” kata Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Ibu Sri Pangestuti, S.Pd.

Sosialisasi dan rekrutmen canaker menjadi instrumen vital dalam memberikan pemahaman langsung kepada siswa-siswi mengenai dunia kerja.

Acara dimulai dengan sesi sosialisasi yang informatif, menghadirkan narasumber dari berbagai perusahaan mitra IDUKA.

Mereka membagikan pengalaman dan wawasan mengenai perkembangan industri, menyoroti keterampilan yang dicari oleh para perekrut, dan memberikan gambaran jelas mengenai peluang karir yang ada.

Workshop interaktif menjadi fokus utama, memungkinkan siswa-siswi untuk terlibat langsung dalam diskusi dengan praktisi industri.

Pelatihan keterampilan, sesi tanya jawab, dan simulasi situasi kerja nyata menjadi bagian integral dari kegiatan ini, mempersiapkan siswa-siswi untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Sesi rekrutmen canaker menjadi puncak acara, perwakilan dari perusahaan-perusahaan ternama membuka peluang bagi siswa-siswi untuk mengikuti proses seleksi. Mulai dari penilaian kemampuan teknis hingga penilaian soft skills, para siswa dapat merasakan pengalaman proses seleksi yang sebenarnya.

Reaksi positif tampak dari siswa-siswi yang berpartisipasi, menunjukkan antusiasme tinggi dalam menggali peluang karir dan meraih kesuksesan di masa depan. Kegiatan ini juga mencerminkan arah pendidikan vokasional yang semakin berorientasi pada pengembangan kompetensi, menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki ketangguhan di dunia kerja.

Baca Juga :  Mahasiswa Harus Berupaya Aktif Agar Tercapai Keunggulan Intelektual

Dengan semakin intensifnya kolaborasi antara pendidikan dan dunia kerja, diharapkan SMK Muhammadiyah 1 Borobudur dan lembaga pendidikan serupa dapat terus melahirkan generasi penerus yang mampu beradaptasi dan berkontribusi secara maksimal di era industri 4.0. (fatih/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?