Advertorial Teknologi

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Praktik Jadi ‘News Presenter’

 

MAGELANG – Ujian Praktik Bahasa Inggris bagi siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah dilakukan dengan pada bulan Januari hingga pertengahan Februari 2020 lalu. Kegiatan ini memang diberi waktu agak lama karena kompetensi yang diujikan lain dari yang lain. Diikuti oleh 158 siswa dari semua jurusan mereka diwajibkan praktik kompetensi dasar news item, di mana mereka praktik menjadi pembawa berita (news presenter) berbahasa Inggris.

Kelompok Praktik

Guru mata pelajaran (mapel) Bahasa Inggris, Achmad Khoirul Fata, S.Pd menuturkan Ujian Praktik mengambil salah satu kompetensi dasar, untuk tahun ini adalah news item. Pelaksanaannya, siswa membuat kelompok beranggotakan 3 anak. Kemudian membuat sebuah berita singkat dalam bahasa Inggris berdurasi maksimal 3 menit.

“Tema berita bebas. Siswa bisa mengambil tema sosial, ekonomi, kesehatan, atau lainnya. Namun ditegaskan materi berita yang up to date,” tuturnya.

Dalam satu kelompok, lanjut Khoirul, mereka harus bekerjasama. Harus ada pembagian kerja yang sesuai. Karena praktik pembacaan berita yang ditentukan harus direkam video, maka mereka bertindak seperti kru televisi yang sedang bekerja.

“Jadi ada siswa yang berperan sebagai presenter berita di studio, reporter, dan  sebagai narasumber berita yang diwawancarai,” lanjutnya.

Tumbuhkan Percaya Diri

Salah satu peserta ujian dari Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, Rina Elfa Fatiyani mengungkapkan Ujian Praktik Bahasa Inggris ini menambah pengalaman bagi dirinya. Selain itu praktik sebagai presenter menumbuhkan rasa percaya diri, karena melatih berbicara di depan umum dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Dalam Ujian Praktik Bahasa Inggris ini membutuhkan editing video, pengolahan suara, dan sebagainya maka mengasah keterampilan pula. Sehingga praktik ini melatih keterampilan menggunakan aplikasi pengolah video,” katanya.

Syarat Kelulusan

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Munif Hanafi, S.S., mengatakan, Ujian Praktik atau ujian kompetensi keahlian sebenarnya merupakan salah syarat bagi siswa untuk bisa lulus. Siswa diuji oleh dunia kerja sesuai dengan jurusannya dalam mata pelajaran produktif .

Namun, karena tahun ini ada pandemi Covid-19, membuat Ujian Praktik yang sedianya dilaksanakan setelah Ujian Nasional Berbasis Komputer, kemungkinan ditiadakan.

“Namun, ada beberapa mapel non produktif yang sudah melaksanakan Ujian Praktik salah satunya adalah mapel Bahasa Inggris,” kata Munif.

Munif berharap dengan praktik sebagai presenter, siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam Ujian Praktik mapel Bahasa Inggris memang waktunya agak lama karena berupa pembuatan video news item, mulai Januari hingga pertengahan Februari 2020.

“Hasil rekaman masing-masing kelompok dikumpulkan dan dinilai mulai tanggal 31 Maret 2020,” kata Munif. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?