IHSANUL FIKRI. Kegiatan Mukhayyam Al-Qur’an SMPIT Ihsanul Fikrik Kota Magelang di Masjid  Izzatul Islam. (foto: diyah/siedoo)
Siedoo.com - IHSANUL FIKRI. Kegiatan Mukhayyam Al-Qur’an SMPIT Ihsanul Fikrik Kota Magelang di Masjid  Izzatul Islam. (foto: diyah/siedoo)
Daerah Pendidikan

Mengenal Program Unggulan Kelas Tahfidz dan Kelas Bahasa SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang

MAGELANG, siedoo.com – SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang, Jawa Tengah memiliki program unggulan. Yakni Kelas Tahfidz dan Kelas Bahasa. Seperti apa program tersebut?

———

Program tahfidz didukung berbagai metode dan kegiatan yang dirancang untuk memudahkan proses menghafal kitab suci tersebut.

Murid belajar secara bersama-sama dengan bimbingan guru pendamping. Salah satu kegiatan dari tahfidz adalah Mukhayyam Al-Qur’an.

Mukhayyam Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan program unggulan tahfidz yang dilaksanakan secara rutin setiap semesternya.

Program ini dilaksanakan dengan berpindah-pindah tempat. Untuk kegiatannya dilaksanakan pada Sabtu sore pukul 16.00 sampai Ahad pagi pukul 10.00 WIB pada 13-14 Januari 2023.

Kegiatannya dilaksanakan di Masjid Izzatul Islam, Pajangan, Kramat Selatan, Magelang Utara, Kota Magelang untuk tahfidz putri. Sedangkan tahfidz putra, di lksa Ihsanul Fikri di Dumpoh.

“Untuk bisa mencapai target hafalan 15 Juz dalam Alquran, tentunya harus ada satu waktu yang mana santri itu fokus hanya menghafal saja. Sehingga kami mengadakan karantina, yang dilaksanakan setiap bulan agar tercapainya target 15 juz,” kata Penanggungjawab Kegiatan Mukhayyam Al-Qur’an, Ustazah Aida Lestari.

Ditemui di Masjid Izzatul Islam, seorang santriwati bernama Yasinta menjelaskan kesan mengikuti kegiatan tersebut.

“Seru. Kalau di sekolah waktu menghafal kurang. Sekarang jadi lebih fokus dalam menghafal. Kemudian suasananya ganti, tidak jenuh,” akunya.

Sedangkan Program Kelas Bahasa yang merupakan program yang dirancang untuk memberikan pemahaman pada dua bahasa asing dasar. Yakni, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Program ini ditujukan khusus untuk siswa yang tidak mengikuti program tahfidz. Para siswa dalam Kelas Bahasa akan diberikan porsi pembelajaran bahasa asing yang lebih besar dibandingkan dengan siswa dalam program tahfidz.

Salah satu Program Kelas Bahasa yakni Movie Time yang telah terselenggara pada Ahad 14 Januari 2024.

Baca Juga :  Selamat! Pemkab Magelang Raih Penghargaan Anggota JDIHN, Terbaik 5 Kategori Kabupaten

Kegiatan diselenggarakan di kampus 1 SMPIT Ihsanul Fikri untuk santriwati dan di kampus 2 SMP IT Ihsanul Fikri untuk santriwan. Para santri terlihat antusias menyaksikan film berbahasa Inggris.

Pendamping dari kegiatan Kelas Bahasa Inggris santriwati, Ustazah Ayu Novitasari Damayanti menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa santriwan-santriwati.

“Terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang menjadi program unggulan sekolah ini,” katanya. (diyah/siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?