Siswa-siswi dari 35 kota dan kabupaten di Jateng berlomba menjadi juara dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah.

Daerah

Cari Bibit Unggul di Kompetisi Sains Madrasah se Jateng


MAGELANG – Muhamad Raditya Danu Carita, perwakilan siswa dari Kabupaten Magelang dinobatkan sebagai juara II lomba mata pelajaran Bidang Fisika dan Agama Islam. Siswa Madrasah Tsanawiah (Mts) ini mampu mengungguli siswa lain dari 34 kota dan kabupaten pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi Jawa Tengah. Untuk juara I dan III dipegang Angga Arma Baya dari Kabupaten Semarang dan Esti Nugraheni dari Kebumen.

Selain bidang Fisika, ada juga mapel lain yang dilombakan. Diantaranya Matematika tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dijuarai Abad Al Halil perwakilan Sukoharjo, mapel IPA MI juaranya Juan Tegar juga dari Sukoharjo, mapel Matematika tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) pemenangnya Mufrihatur Rohmayani dari Jepara. Mapel Biologi Mts juaranya Aurellia Azuananda dari Sukoharjo, Fisika MTs juaranya Angga Arma Baya dari Kabupaten Semarang.

Adapun tingkat Madrasah Aliyah (MA) bidang Matematika dan PAI dijuarai Dewi Aisah dari Kabupaten Jepara, bidang Biologi dan PAI juaranya Jakfar Umar dari Kabupaten Demak, bidang Fisika dan PAI pemenangnya Dimas dari Kabupaten Brebes. Untuk bidang Kimia dan PAI dijuarai Caca Mustofa dari Kabupaten Cilacap, bidang Geografi dan PAI juaranya Ida Nur dari Kabupaten Kudus dan bidang Ekonomi dan PAI juaranya Siwi Nur perwakilan Kabupaten Sragen.

“Tujuan lomba ini bukan semata-mata untuk ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun yang tak kalah pentingnya adalah mencari bibit yang berakhlak,” kata Panitia Lokal Kompetisi Sains Madrasah se Jateng Syaiful Faizin.

Para siswa yang dinobatkan sebagai juara pada mapel masing-masing, akan kembali diikutkan dalam ajang serupa di tingkat nasional. Sesuai rencana, kompetisi tingkat nasional akan dilangsungkan pada Agustus mendatang di Yogyakarta.

“Lomba ini tidak hanya dilangsungkan di Jateng, tetapi juga serentak di Indonesia,” kata Syaiful.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi Jawa Tengah dilaksanakan di MAN 1 Kabupaten Magelang. Acara dimulai pada 23 – 24 Mei 2017, dihadiri 385 peserta dari 35 kabupaten dan kota se Jawa Tengah. Setiap kabupaten dan kota mengirimkan 11 peserta. Sementara untuk siswa MA, enam mapel yang dilombakan yaitu Matematika, Biologi, Geografi, Fisika, Kimia dan Ekonomi. Sedangkan untuk MTs tiga mapel yakni Matematika, Fisika dan Biologi, sementara untuk MI dua mapel Matematika dan IPA.

Sebelum mengikuti lomba tingkat Jateng, peserta lomba sudah melalui beberapa tahapan. Dimulai dari seleksi diinternal sekolahnya dan dilanjutkan seleksi lomba di tingkat kota dan kabupaten masing-masing. Tema KSM tahun ini Junjung Nilai Sportifitas Dalam Setiap Usahamu.

“Jadi kami bimbing juga bagaimana berkompetisi yang sportif,” jelas Syaiful.

Selain mata pelajaran umum, diperlombakan juga mata pelajaran pendidikan agama Islam. Seperti Al-Quran Hadits, Fiqh, SKI dan Aqidah Akhlak. Dipilihnya MAN 1 Kabupaten karena tempat yang cukup representative dekat dengan penginapan, akses jalan mudah dan ruangan yang mencukupi.

Apa Tanggapan Anda ?