CAPACITY. UNTIDAR mengadakan kegiatan capacity building untuk dosen di Sheraton Mustika Yogyakarta, Senin-Selasa (11-12/12). (foto: untidar)
Siedoo.com - CAPACITY. UNTIDAR mengadakan kegiatan capacity building untuk dosen di Sheraton Mustika Yogyakarta, Senin-Selasa (11-12/12). (foto: untidar)
Daerah

UNTIDAR Gelar Capacity Building, Pemateri: Harus Ada Komitmen dan Integritas Moral

MAGELANG, siedoo.com – Dalam capacity building untuk dosen Universitas Tidar (UNTIDAR), Guru Besar Teknologi Industri Pertanian Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Sc menyampaikan tentang integritas moral dan etika civitas akademika. Ia mengingatkan tentang integritas dalam pengajaran yang penting untuk dipraktikkan.

———

“Sebagai pribadi dan bagian dari kolektivitas sosial, kita selalu terikat pada konvensi dan rule in use yang berlaku. Integritas kita praktikan setiap hari, namun kita perlu merefleksikan dalam apa yang kita lakukan sebagai civitas akademika apakah sudah menerapkan hal-hal tersebut,” katanya sebagai pemateri.

Capacity building tersebut digelar di Sheraton Mustika Yogyakarta, Senin-Selasa pertengahan bulan Desember 2023.

Menurutnya, para dosen perlu berkomitmen kepada universitas untuk bisa menjaga etika dan moral akademis. Sehingga, pendekatan fikih, akidah, dan tasawuf bisa diterapkan.

“Harus ada komitmen dan integritas moral yang tercantum dalam legal formalnya. Artinya memang tercantum dalam persuratan di dalam peraturan yang ada di universitas,” tambahnya.

Rektor UNTIDAR Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. menyampaikan, capacity building dosen pada akhir tahun ini harus dimanfaatkan untuk merefleksikan diri dalam mengemban amanah tridharma perguruan tinggi.

“Kita punya kewajiban meneliti, publikasi, juga wajib melakukan pengabdian kepada masyarakat. Marilah kita refleksikan diri di akhir tahun ini dan kita coba memperbaiki di waktu-waktu yang akan datang,” jelasnya.

Mulai tahun kedua kepemimpinannya, Rektor akan memulai evaluasi dosen. Harapannya, ini bisa memonitor hasil kinerja dosen.

“Kalau mahasiswa punya kartu hasil studi, kami juga akan membuat kartu hasil kinerja dosen. Masing-masing dosen harus membuat rapornya sendiri. Saya ngajarnya berapa SKS dalam satu semester, publikasinya berapa, penelitiannya berapa, saya naik pangkat kapan terakhir,” pungkasnya.

Baca Juga :  Rektor Untidar : Organisasi Mahasiswa Harus Berperan Aktif Memajukan Kampus

Dalam kegiatan ini, para dosen juga bisa mengekspresikan diri melalui malam penampilan dari setiap fakultas. Beberapa fakultas menampilkan band, nyanyian, hingga musikalisasi puisi. Pada hari berikutnya diadakan pula games secara tim, seperti lomba makan kerupuk dan estafet air untuk meningkatkan keakraban. (untidar/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?