PPMT. Pelepasan simbolis mahasiswa UNIMMA yang mengikuti PPMT. (foto: unimma)
Siedoo.com - PPMT. Pelepasan simbolis mahasiswa UNIMMA yang mengikuti PPMT. (foto: unimma)
Daerah

Bantu Tangani Kemiskinan Ekstrim, 300 Mahasiswa UNIMMA Diterjunkan Jalani PPMT

MAGELANG, siedoo.com –  Sebanyak 300 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) diterjunkan untuk menjalani Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT).

———

Pelepasan dilaksanakan di Kampus 2 UNIMMA pada Kamis 14 Desember 2023 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNIMMA.

PPMT merupakan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat yang dilaksanakan secara terintegrasi antara dosen dan mahasiswa.

“Harapannya, kegiatan ini bisa berkolaborasi dan bisa memajukan ilmu pengetahuan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempunyai dampak yang besar terhadap kualitas dan citra institusi,” kata Kepala Divisi Pengabdian pada Masyarakat LPPM, Ns. Robiul Fitri Mashitoh, M. Kep.

Dilaporkan, sebelum penerjunan telah dilakukan sosialisasi PPMT periode VIII dilanjutkan dengan Training of Trainer (ToT) Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan pembekalan dengan mahasiswa.

“Setelah penerjunan ini kalian sudah bisa berlanjut terjun ke lokasi masing-masing. Lokasi yang kami libatkan tidak sebanyak periode sebelumnya, karena sekarang hanya mengambil 5 kecamatan saja, yang di masing-masing desa ada 5 kelompok PPMT,” jelasnya.

Adapun 300 mahasiswa akan tersebar di Kecamatan Salaman, Borobudur, Ngluwar, Sawangan dan Bandongan yang masih termasuk dalam wilayah prioritas dengan angka kemiskinan ekstrim di Magelang.

“Nanti kita akan bersama-sama mencoba untuk menyeleseikan permasalahan yang ada di wilayah tersebut,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan 58 dosen sebagai ketua pelaksana atau DPL.

Rektor UNIMMA Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI menyampaikan PPMT menjadi satu rangkaian proses pendidikan di UNIMMA pada tahap latihan bermasyarakat.

“Bagi yang sudah bekerja, ini mungkin menjadi tahap untuk menguatkan,” tandasnya.

Bagi mahasiswa mahasiswi yang belum pernah terjun di lapangan, lanjutnya, adalah tahap untuk bisa berkolaborasi dengan masyarakat.

“Bagaimana setelah kemarin menimba ilmu di perkuliahan kemudian penerapannya di masyarakat seperti apa. Tentu ini tidak lepas dari background, disiplin ilmu kalian semua,” ujarnya.

Baca Juga :  Fikes UNIMMA Paparan Review Kurikulum, Siapkan Kurikulum Sesuai Perkembangan Zaman

Dijelaskan pula PPMT ini menjadi tahapan awal yang selanjutnya akan diteruskan oleh PPMT angkatan berikutnya.

“Sehingga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat nanti secara sustainable bisa memperbaiki, mengangkat derajat yang ada di masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat tentu ini memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat  khususnya,” tambah Rektor. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?