SAMBUTAN. Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi saat memberi sambutan usai Pemerintah Kota Magelang mendapat penghargaan di Hotel Artos Magelang, Kamis (7/12/2023) malam. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - SAMBUTAN. Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi saat memberi sambutan usai Pemerintah Kota Magelang mendapat penghargaan di Hotel Artos Magelang, Kamis (7/12/2023) malam. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Indeks Sistem Merit di Kota Magelang Tertinggi se-Jateng, Dapat Penghargaan

MAGELANG, siedoo.com – Kota Magelang menyandang predikat “Sangat Baik” untuk sistem merit pada manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN).

———

Hal itu karena  Pemerintah Kota Magelang menjadi pemerintah daerah di Jawa Tengah yang bisa meraih nilai tertinggi untuk Indeks Sistem Merit. Yakni, 337,5 berdasarkan hasil evaluasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Awalnya kami memperoleh 149,5 masih dalam kategori buruk. Pada saat itu, kami mencoba melaksanakan kelanjutan dari apa yang perlu dilakukan. Kami belajar langsung ke Jawa Barat, dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Kemudian tahun 2022 nilai kami naik jadi 273, sampai tahun 2023 mencapai 337,5,” kata Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi.

Pada kesempatan itu, Hamzah Kholifi mempaparkan kunci keberhasilan Pemerintah Kota Magelang menerapkan sistem merit pada manajemen talenta ASN yang dimulai sejak tahun 2021.

Ada beberapa nilai maksimal yang berhasil diraih Pemkot Magelang, dan masih banyak aspek yang harus diperbaiki. Pencapaian tahun ini tidak lepas dari pendampingan dari KASN dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, Pemkot Magelang menerapkan sistem merit pada penataan manajemen sumber daya manusia berlandaskan hukum pemerintah daerah, sehingga kegiatan-kegiatan bisa berjalan dengan baik dan legal.

Lebih lanjut, Hamzah juga memaparkan sejumlah inovasi yang telah diinisiasi Pemkot Magelang dalam rangka pengembangan manajemen talenta ASN. Antara lain, Sistem Informasi Aparatur Pemerintah Kota Magelang (SIAPTAMA) dan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMAGENTA).

“Kami akan terus melakukan perbaikan pada sistem merit ini. Termasuk, harapan ke depan nilai kami untuk Indeks Pengisian JPT juga naik, saat ini masih di kategori “Baik”,” tandasnya.

Setelah menerima Anugerah Meritokrasi Award 2023 dari KASN, Kota Magelang kembali mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno kepada Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi, pada malam penghargaan “Gubernur Jateng Award 2023” di Hotel Artos Magelang, Kamis (7/12/2023) malam.

Baca Juga :  Polres Magelang Beranjak Jadi Polresta Magelang, Berikut Penjelasan Kapolda Jateng

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Jateng memberikan penghargaan untuk 22 pemerintah kabupaten/kota se-Jateng karena dianggap mampu menerapkan sistem merit pada manajemen talenta ASN.

Adapun dari 22 daerah tersebut, yang meraih anugerah sistem merit kategori “Sangat Baik” adalah Kota Magelang dan Kota Pekalongan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno mengatakan dalam sistem merit, semua ASN memiliki peluang yang sama untuk berkompetisi secara terbuka dan objektif untuk menempati suatu jabatan. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?