SEMARAK. Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat menyelenggarakan Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023. Temanya “Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global”. (foto: kemendikbudristek)
Siedoo.com - SEMARAK. Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat menyelenggarakan Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023. Temanya “Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global”. (foto: kemendikbudristek)
Daerah

Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat Gelar Semarak Karya GTK

BEKASI, siedoo.com – Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat menyelenggarakan Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023. Temanya “Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global”.

———

Acara ini dilakukan sebagai wujud apresiasi BBGP kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah Provinsi Jawa Barat yang telah berhasil membuat inovasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat, Mohamad Hartono.

Hartono menyampaikan guru dan tenaga kependidikan memiliki posisi strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh karena itu, guru dan tenaga kependidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta menjadi agen transformasi penguatan SDM Indonesia untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

“Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023 yang bertema Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global merupakan bentuk apresiasi serta ajang para guru dan tenaga kependidikan untuk saling berbagi praktik baik, aksi nyata, dan berbagai macam kreativitas pembelajaran dalam berbagai rangkaian lomba pada Hari Guru Nasional 2023,” ujar Hartono saat pembukaan di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani, menuturkan program apresiasi GTK merupakan salah satu bentuk dukungan untuk memberikan penghargaan berkelanjutan bagi guru dan tenaga kependidikan yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing.

“Apresiasi guru dan tenaga kependidikan dirancang dengan harapan agar para guru dan tenaga kependidikan di penjuru tanah air semakin terdorong untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai terobosan Merdeka Belajar,” tutur Nunuk.

Lebih lanjut diungkapkan Nunuk, apresiasi guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan untuk memunculkan guru dan tenaga kependidikan yang telah menunjukkan praktik baik dalam mengimplementasikan kepemimpinan, pendampingan, atau implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

Baca Juga :  Dinsos Kabupaten Magelang Gelar Peningkatan Kapasitas Remaja

“Saya berharap kegiatan penganugerahan apresiasi guru dan tenaga kependidikan 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak di setiap provinsi dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk terus melakukan praktik-praktik baik demi tercapainya pembelajaran yang berpusat pada siswa,” imbuh Nunuk. (kemendikbud/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?