Daerah

Pancasila, Rumah Kita Bersama dalam Berpolitik Demokratis

TEMANGGUNG - Pancasila terbukti mampu menyatukan seluruh elemen masyarakat. Tanpa membedakan jenis suku, bahasa dan agama.

"Bahwa Pancasila sebagai rumah kita bersama dalam berpolitik demokratis dengan tidak menakuti," kata Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana MTs Negeri 2 Temanggung H.Asrofi,S.Ag.

Ia mengatakan itu saat menjadi Pembina Upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila yang dilaksanakan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Negeri 2 Temanggung, Jawa Tengah. Upacara itu berlangsung di halaman madrasah, Sabtu 1 Juni 2019. Dia membacakan sambutan upacara dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

"Seluruh elemen masyarakat secara terus menerus dan konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang membawa kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia," jelasnya

Peserta upacara terdiri dari para siswa, guru dan karyawan MTs N 2 Temanggung. Walaupun masih dalam suasan bulan puasa, tidak mengurangi antusias dan kekhidmatan upacara bendera. Untuk petugas upacara adalah semua anggota Dewan Penggalang (DEGA) MTs N 2 Temanggung.

Sedangkan yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Kepala Madrasah bidang sarana dan prasarana H.Asrofi,S.Ag.

“Jadikanlah Pancasila sebagai nilai fundamental dalam berbangsa dan bernegara,” ucap Asrofi.

Selain diikuti oleh semua warga MTs N 2 Temanggung, upacara kali ini juga diikuti 3 orang PNS yang sedang pulang kampung di Temanggung. Hal ini sesuai instruksi BKN agar PNS yang sudah pulang kampung untuk mengikuti upacara bendera di daerah terdekat. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?