MASTA. Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sambut mahasiswa baru Tahun Akademik 2023-2024 dengan agenda Masa Ta’aruf (Masta). (foto: unimma)
Siedoo.com - MASTA. Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sambut mahasiswa baru Tahun Akademik 2023-2024 dengan agenda Masa Ta’aruf (Masta). (foto: unimma)
Daerah

621 Mahasiswa Baru UNIMMA Tahun Akademik 2023-2024 Jalani Masta

MAGELANG, siedoo.com – Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Tahun Akademik 2023-2024 menjalani Masa Ta’aruf (Masta). Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 setempat.

———

Masta digelar selama tiga hari. Dimulai sejak Senin sampai dengan Rabu (4-6/9). Dibuka dengan Rapat Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Magelang.

“Masta hari pertama ini diikuti peserta gelombang satu berjumlah 621 mahasiswa,” kata Ketua Panitia Masta 2023 Irham Nugroho, M.Pd.I

Seluruh mahasiswa juga mendapatkan sambutan hangat dari Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, S.E., M.SI.

Rektor mengatakan Masta menjadi momentum untuk menyiapkan masa transisi mahasiswa.

“Selamat datang di UNIMMA dengan semangat dan perubahan baru. Selain mengenalkan, ini juga menyiapkan masa transisi mahasiswa dari siswa menjadi mahasiswa,” katanya.

“Menjadi lebih mandiri, menciptakan adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru. Kegiatan ini dapat dijadikan titik tolak idealisme cinta tanah air dan kepedulian dengan lingkungan sekitar,” tambahnya.

Rektor juga menyampaikan, mahasiswa baru akan mendapatkan tantangan luar biasa melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa disiapkan untuk lebih matang di dunia industry (DUDI).

“Kalian bisa ikut kegiatan MBKM dengan mengajar, student exchange, pengabdian masyarakat, projek independen, dan lainnya. Ini sebagai upaya mempersiapkan Anda saat lulus nanti, agar mudah diterima di Masyarakat, mengabdi, mengembangkan, memajukan bangsa dan negara,” tambahnya.

Di hari pertama, mahasiswa baru mengikuti dua kuliah umum dengan narasumber Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ns. Puguh Widiyanto.

Ia memaparkan materi tentang Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Yang Kedua, narasumber dari Kasat Binmas Polres Magelang Kota, AKP Edy Suryono, SH., MH tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan Pengembangan Karakter Mahasiswa.

Baca Juga :  Laporan Keuangan Tahun 2022, UNIMMA Raih Predikat WTP

Sementara di hari kedua, mahasiswa baru mendapatkan materi dari Dr. Rasidi, M,Pd, Dosen UNIMMA yang menjelaskan tentang Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Adapun materi kedua oleh Hammam Sanadi, PhD dengan materi Membumikan Risalah Islam Berkemajuan. Di hari ketiga, seluruh peserta Masta 2023 dikenalkan dengan organisasi serta unit kegiatan mahasiswa (UKM) di lingkungan UNIMMA. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?