SAMBUTAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat menyampaikan sambutan dalam MASSIF digelar di Hotel Atria Magelang, Rabu 6 September 2023. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - SAMBUTAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat menyampaikan sambutan dalam MASSIF digelar di Hotel Atria Magelang, Rabu 6 September 2023. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah Ekonomi

MASSIF di Kota Magelang sebagai Ajang Promosi Potensi Investasi

MAGELANG, siedoo.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang menginisiasi Magelang Investment Business Forum (MASSIF). Dalam MASSIF ke-10 tersebut digelar di Hotel Atria Magelang, Rabu 6 September 2023.

———

Forum tersebut merupakan ajang promosi potensi investasi dan peluang usaha kepada calon investor. Realisasi investasi di Kota Magelang tahun 2021 sebesar Rp 583 miliar.

Lalu tahun 2022 meningkat menjadi Rp 823 miliar, dan pada semester I tahun 2023 mencapai Rp 446 miliar atau meningkat sebesar 46,76 persen dari target investasi 2023 Rp 956 miliar.

Kepala DPMPTSP Kota Magelang Khudoifah menerangkan rata-rata kenaikannya sebesar 16 persen per tahun.

“Oleh karena itu, kehadiran para pengusaha atau investor pada acara MASSIF ke-10 ini menjadi harapan besar bagi kami untuk dapat berkiprah dan menanamkan modalnya di Kota Magelang,” jelas Khudoifah.

MASSIF ke-10 ini, lanjutnya, adalah forum dialog antara Pemerintah Kota Magelang dan investor guna membangun kemitraan strategis dalam rangka meningkatkan investasi ini Kota Magelang.

Selain itu, sebagai forum dialog terbuka terkait dengan upaya peningkatan investasi dan iklim usaha yang kondusif.

Narasumber yang dihadirkan diantaranya investor, DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah, mitra kerja sama asosiasi serta pelaku usaha baik dari Kota Magelang maupun luar daerah.

Khudoifah menyebutkan, Kota Magelang memiliki beberapa titik potensial antara lain kawasan Sidotopo, shopping center, TKL Ecopark, Sport Center Gelora Sanden, Kebun Raya Gunung Tidar, kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Alun-alun dan Kebon Polo.

“Terinformasikannya potensi dan peluang investasi diharapkan akan memberikan kemudahan bagi para calon investor sehingga terjadi percepatan realisasi kepeminatan bagi investor,” imbuhnya.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengatakan, Kota Magelang sangat menjanjikan untuk berinvestasi.

Baca Juga :  4 Mahasiswa ITTP Sukses Ciptakan Teknologi Smart Garden pada Hidroponik Indoor

Dokter Aziz mendukung upaya-upaya peningkatan investasi, termasuk memberikan kemudahan-kemudahan proses perizinan dan sebagainya.

“Saya sangat mendukung, dan apa yang menjadi kesulitan (di lapangan) saya selalu minta staf saya untuk mempermudah. Karena tugas Pemkot Magelang sebagai fasilitator, ojo angel-angel,” ujarnya.

Disampaikan, Kota Magelang terletak di dekat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Candi Borobudur sehingga harus cepat menangkap peluang tersebut.

“Kalau tidak cepat-cepat menangkap peluang kita akan kehilangan,” ungkapnya. (prokompim/kotmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?