HADIR. Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur didampingi Pj. Sekda Kota Magelang Larsita hadir dalam Rakernas APEKSI XVI Tahun 2023 di Makassar. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - HADIR. Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur didampingi Pj. Sekda Kota Magelang Larsita hadir dalam Rakernas APEKSI XVI Tahun 2023 di Makassar. (foto: prokompimkotamgl)
Nasional

Kota Magelang Ambil Bagian dalam Rakernas APEKSI XVI Tahun 2023 di Makassar

MAGELANG, siedoo.com –  Kota Magelang, Jawa Tengah turut ambil bagian pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI Tahun 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rakernas tersebut digelar Senin (10/7/2023) sampai Jumat (14/7/2023).

———

Tajuk yang diambil “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat” ini. Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur didampingi Pj. Sekda Kota Magelang Larsita hadir bersama dengan 88 wali kota serta pejabat pemerintahan dari seluruh Indonesia.

Wakil Walikota Magelang M. Mansyur bersyukur Kota Magelang telah mengikuti rangkaian Rakernas APEKSI dengan lancar.

“Semoga hasil APEKSI ini bisa ditindaklanjuti di Kota Magelang, utamanya untuk melaksanakan peningkatan kegiatan yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan,” tutur Mansyur.

Ia optimistis dengan adanya perbandingan dengan daerah lain akan memunculkan semangat untuk meningkatkan kualitas diri.

Pj. Sekda Kota Magelang Larsita berharap dengan semangat APEKSI, Kota Magelang dapat bersinergi, berkolaborasi dengan wilayah kota seluruh Indonesia.

Hal ini penting untuk meningkatkan peran pemerintah terkait pelayanan kepada masyarakat.

“Beberapa pengalaman best practice dari daerah lain dalam menjalankan pemerintahan, menjadi salah satu tujuan kita dalam rangka memajukan Kota Magelang.

Tujuan kita adalah peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” tandas Larsita.

Sebelumnya pada pembukaan, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menekankan pentingnya peran kota-kota Indonesia dalam memajukan bangsa.

Terlebih lagi, dari 96 Wali Kota anggota APEKSI, 85 Wali Kota akan mengakhiri jabatannya pada tahun ini dan tahun 2024 mendatang.

“Maka dengan itu APEKSI merupakan momen yang sangat bersejarah. Terlebih kita berada pada rotasi kepemimpinan nasional.

Tentu banyak aspirasi dan inspirasi dari kota yang dibutuhkan untuk membangun negeri dengan semangat sinergi,” terangnya.

Baca Juga :  1.000 Knalpot Brong di Kabupaten Magelang Dimusnahkan

Dia juga menyampaikan bahwa Rakernas APEKSI ini menjadi platform penting bagi para pemimpin kota untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks.

Ketua APEKSI Bima Arya menyampaikan, Rakernas APEKSI ini bukan hanya sekadar seremoni tapi juga berbicara substansi.

Setidaknya, ada tiga pesan utama yang akan digagas pada Rakernas kali ini.

“Pertama APEKSI konsisten mengawal otonomi, kedua, optimis menuju Indonesia Emas 2045, dan ketiga semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pusat dan daerah,” ucap Bima Arya.

Pada APEKSI kali ini, Kota Magelang juga mengirimkan delegasi pemuda untuk mengikuti Youth City Changer dan kontingen pawai karnaval budaya dengan tampilan Tari Kuntulan (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?