Gebyar SMK tahun 2016 di Lapangan drh Soepardi Sawitan, Kecamatan Mungkid bertepatan Hari Aksara ke 51. SMK Muhammadiyah Salaman ikut unjuk gigi pada kesempatan ini.

Daerah

SMK Muhammadiyah Salaman Andalkan Boga dan Multimedia 


MAGELANG – Sekitar 113 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Magelang dan daerah lain di Jawa Tengah mengikuti peringatan Hari Aksara ke 51. Acara berlangsung dari 3–5 November mendatang di Lapangan drh Soepardi Sawitan, Kecamatan Mungkid. Selain upacara, pada peringatan Hari Aksara ini juga digelar Gebyar SMK tahun 2016.

Perwakilan dari SMK Muhammadiyah Salaman Ahmad Mustofa SPd mengatakan, sekolahnya menampilkan dua kategori sesuai dengan komptensi sekolah. Yaitu patisri (boga) dengan spesialisasi pembuatan kue dan snack. Selain itu juga bidang multimedia yang diwakili oleh photo booth.

“Tujuan sekolah mengikuti pameran ini yaitu memberikan pengetahuan kewirausahaan bagi peserta didik. Serta, mengaplikasikan kompetensi ke dalam bentuk produk,” katanya.

Ia berharap dengan pameran ini bisa memperkenalkan produk SMK kepada masyarakat. Dengan sasaran utamanya adalah para anak muda.

Meski yang ditampilkan saat ini bidang multimedia dan boga, bukan berarti sekolah ini minim prestasi. SMK Muhammadiyah Salaman juga mempuyai prestasi cukup membanggakan dibidang lain. Diantaranya prestasi juara 1 cerdas cermat tingkat provinsi, juara 1 lomba karya tulis ilmiah dan juara 1 lomba debat bahasa Indonesia tingkat provinsi.

“Untuk memberikan keterampilan lebih kepada siswa, sekolah juga mengadakan kegiatan ekstrakulikuler. Diantaranya hisbulwaton, seni tari, sablon, fotografi, klub bahasa (Indonesia dan Inggris) dan jurnalistik,” jelasnya.

Pada kesempatan Gebyar SMK 2016 ini, ia mengaku sempat terkendala cuaca saat melakukan persiapan. Kondisi cuaca dan pencahayaan merupakan kendala utama. Ia khawatir, dengan kondisi hujan, peserta yang datang jumlahnya kurang dari yang diharapkan.

“Pencahayaan dapat menjadi masalah karena di stand yang kami gunakan terdapat photo booth tiga dimensi,” katanya.

Apa Tanggapan Anda ?