Nasional

Dien Syamsudin Bangga Sekolah Tularkan Virus Wirausaha

MAGELANG - Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Muntilan 2 Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menularkan virus wirausaha kepada para siswanya. Sekolah mengajarkan bagaimana siswa untuk menjalankan sebuah usaha, salah satunya bidang percetakan.

Percetakan yang diberinama ”EzemchaMU” ini melibatkan seluruh siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan berbagai jurusan. Seluruh siswa akan diajarkan untuk mengelola percetakan dan berlatih wirausaha melalui percetakan tersebut.

“Kami akan melibatkan seluruh siswa untuk mengelola percetakan ini, sebagai media pembelajaran dan melatih siswa berwirausaha,” Kata Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Untung Supriyadi, S.Pd.I.

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan adalah sekolah pencetak wirausaha dan telah memiliki kelas khusus kewirausahaan. Selain percetakan, siswa juga diajarkan untuk membuat poduk seperti bakso jamur dan sabun cuci piring yang sudah diproduksi. Unit usaha tersebut dirintis, dan semua keuntungan akan kembali kepada siswa yang bersangkutan.

Percetakan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan resmi dibuka Selasa (11/9/2018). Acara peresmian dihadiri segenap Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muntilan. Hadir pula tamu undangan Kepala SMP, MTs, SMA, SMK dan MA se Kabupaten Magelang. Percetakan diresmikan langsung Prof. Dr.H. Dien Syamsudin, MA, penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan mengajarkan kepada siswa tentang dunia wirausaha.

Dien Syamsudin bersyukur dan bangga dapat meresmikan percetakan tersebut. Menurut Dien, percetakan SMK sangat penting sebagai pusat pembelajaran dan pelatihan kewirausahaan bagi siswa.

“Saya bersyukur dan bangga diminta meresmikan percetakan ini. Dan ini sangat penting sebagai pusat pembelajaran dan pelatihan khususnya kewirausahaan,” Kata Dien Syamsudin.

Dien menambahkan etos kewirausahaan perlu dikembangkan oleh Muhammadiyah. Itu agar umat Islam bisa merebut kuasa ekonomi sehingga berjaya. Ia pun berharap, dari percetakan ini semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?