VIRTUAL. UNIMMA melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual dengan Batangas State University, Filipina. (foto: unimma)
Siedoo.com - VIRTUAL. UNIMMA melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual dengan Batangas State University, Filipina. (foto: unimma)
Internasional Pendidikan

Bulan Ini, UNIMMA Jalin Kerja Sama dengan Dua Perguruan Tinggi Filipina

MAGELANG, siedoo.com – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual dengan Batangas State University, Filipina. Acara yang dilaksanakan pada Jumat (23/9/2022) tersebut merupakan inisiasi dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) yang difasilitasi oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) UNIMMA.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., Msi, mengatakan UNIMMA sebagai universitas terkemuka di Indonesia menyambut baik semua kolaborasi mulai dari pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, kampus start-up hingga teaching factory.

“Hari ini (Jumat) menandai dimulainya kerjasama yang telah kami nyatakan sebelumnya dengan Batangas State University, Filipina. Kami bersyukur dapat memperluas kerjasama ini ke universitas dan menantikan implementasinya,” tutur Rektor.

Sementara itu, Atty. Noel Alberto S.Omandap, Vice President untuk Pengembangan dan Kerjasama Ekternal Batangas State University menyebutkan pihaknya menyambut baik kerja sama yang dijalin.

“Sinergi kolaborasi ini tidak hanya terbatas dalam bidang pendidikan, tapi juga berbagai joint program. Senang sekali bisa bekerja sama dengan UNIMMA,” ujar Alberto.

Sebelumnya, UNIMMA juga telah bekerja sama dengan perguruan tinggi lain di Filipina yaitu University of Saint Anthony. Dalam MoU yang ditandatangani pada Kamis (8/9/2022) lalu, disepakati pula kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Di sisi lain, setelah sukses pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sebelumnya, UNIMMA kembali menerima sejumlah mahasiswa inbound angkatan kedua. Penyambutan tersebut dilaksanakan pada Kamis (22/9/2022) di Auditorium Kampus 1 UNIMMA.

Koordinar PMM, Septiyati Purwandari, M.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa tiga minggu lalu UNIMMA telah melepas 38 mahasiswa untuk belajar di berbagai universitas di seluruh pelosok negeri.

“Dan di tanggal 3-4 September lalu telah tiba 38 mahasiswa inbound UNIMMA yang saat ini hadir di Auditorium ini,” kata Septi.

Baca Juga :  Mahasiswa Indonesia dan Jepang Saling Mengamati, Evaluasi, dan Solusikan Permasalahan

Disebutkan, ke-38 mahasiswa inbound bersama dosen modul dan mentor akan mengikuti 14 kegiatan kebhinekaan, 7 kegiatan refleksi dan 3 kegiatan inspirasi.

“Semoga seluruh kegiatan PMM ini berjalan dengan lancar, damai dan menyenangkan sesuai dengan tagline kita Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya,” ujarnya.

Dalam program PMM kali ini, UNIMMA menerima mahasiswa yang berasal dari Jambi, Riau, Sulawesi Tengah, Aceh, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Seluruh mahasiswa inbound mengikuti perkuliahan secara offline di UNIMMA yang tersebar di 7 fakultas.

Sementara itu, Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSi mengatakan ketertarikan mahasiswa di luar UNIMMA untuk datang ke Magelang merupakan sesuatu yang luar biasa karena mahasiswa PMM yang berasal dari Sabang hingga Merauke.

“Selamat datang mahasiswa PMM Angkatan kedua, anggaplah kampus ini seperti rumah sendiri. Semoga kalian semua dapat memanfaatkan kesempatan belajar di UNIMMA dengan baik,” tutur Rektor.

Adapun Alzy Ramadanu, mahasiswa Universitas Medan Area, perwakilan mahasiswa inbound menyampaikan ucapan terima kasihnya karena UNIMMA telah menyambut mahasiswa PMM dengan sangat baik.

“Kami bersyukur dan merasa beruntung dengan adanya PMM 2022 ini, kami diberikan kesempatan untuk berkenalan dan bersatu dengan mahasiswa di seluruh penjuru Indonesia dengan berbagai perbedaan latar belakang dan budaya, agama, suku dan bahasa yang akan menjadikan kami satu di dalam kebhinekaan,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, seluruh mahasiswa inbound diajak untuk tour de campus didampingi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UNIMMA agar dapat mengenal lingkungan kampus lebih dalam. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?