MAHASISWA. Calon mahasiswa saat menjalani tes seleksi jalur mandiri UNTIDAR. (foto: untidar)
Pendidikan

Tiga Jalur Seleksi Mandiri UNTIDAR, Tahun 2022 Ada 12 Hafidz Lolos Tanpa Tes

Siedoo, Universitas Tidar (UNTIDAR) pada tahun 2022, selain lewat jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN dalam menerima mahasiswa baru, juga melaksanakan seleksi mandiri yang terdiri dari SMUT, SMJK, dan SMJP.

1. SMUT

Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SMUT) di kampus yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah ini merupakan penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan jalur ujian tertulis yang diselenggarakan UNTIDAR.

SMUT-UNTIDAR untuk menjaring calon mahasiswa baru yang mempunyai kualitas akademik baik, sehingga calon mahasiswa mampu menyelesaikan studi tepat waktu.

Seleksi ini diperuntukkan bagi program pendidikan Sarjana dan Diploma.

Tahun ini SMUT tidak hanya diadakan di Kampus UNTIDAR, namun juga di Tegal, tepatnya di SMKN 3 Tegal.

Tujuan dibukanya SMKN 3 Tegal sebagai lokasi ujian untuk memudahkan akses calon mahasiswa dari wilayah Brebes, Pekalongan dan sekitarnya.

Total sebanyak 1981 orang mengikuti SMUT UNTIDAR. Calon mahasiswa yang lolos, diumumkan pada 21 Juli 2022.

2. SMJK

Seleksi Mandiri Jalur Kerja Sama (SMJK) Program Studi D3 Akuntansi Universitas Tidar Tahun 2022, merupakan penerimaan mahasiswa baru secara mandiri yang dilakukan pada program studi D3 Akuntansi melalui jalur kerja sama.

Seleksi menggunakan nilai rapor siswa SMA/SMK/MA/MAK mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk lulusan Tahun 2022.

Seleksi menggunakan nilai rapor dan hanya untuk memilih prodi D3 Akuntansi. Sekolah di wilayah Karesidenan Kedu mempunyai kesempatan lebih besar untuk mengikuti jalur ini.

Tahun 2022 sebanyak 67 calon mahasiswa UNTIDAR  diterima melalui Jalur SMJK.

3. SMJP

Selain SMUT dan SMJK, Seleksi Mandiri UNTIDAR juga membuka jalur SMJP atau Seleksi Mandiri Jalur Prestasi.

SMJP merupakan penerimaan mahasiswa baru secara mandiri pada program pendidikan Sarjana dan Diploma, melalui jalur prestasi, berdasarkan pada nilai rapor siswa SMA/SMK/MA/MAK mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk lulusan Tahun 2022.

Bagi lulusan Tahun 2020 dan Tahun 2021, nilai rapor siswa dihitung mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 6 (enam).

Seleksi ini juga mempertimbangkan nilai akreditasi sekolah, prestasi akademik, prestasi non akademik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional, dan prestasi non akademik yang diraih seperti : bidang seni, olahraga, dan hafiz Alquran.

Seleksi ini dilaksanakan dalam rangka menjaring calon mahasiswa yang berkualitas, berkompeten dilihat dari penelusuran minat dan kemampuan siswa.

Khusus untuk hafidz atau penghafal Alquran 30 Juz, UNTIDAR memberikan privilege, yaitu otomatis lolos atau pasti lolos menjadi mahasiswa UNTIDAR.

Tahun ini sebanyak 12 hafidz dan hafidzah berhasil lolos, dengan rincian S1 Akuntansi (1 orang), S1 Ekonomi Pembangunan (2 orang), S1 Manajemen (1 orang), S1 Ilmu Administrasi Negara (1 orang), S1 Ilmu Komunikasi (2 orang), S1 PBSI (1 orang), S1 PBI (1 orang), S1 Pendidikan IPA (1 orang), S1 Agroteknologi (1 orang), dan S1 Teknik Sipil (1 orang).

Dari 769 pendaftar, total calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SMJP sebanyak 179 orang.

Selain hafidz dan hafidzah, calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SMJP memiliki berbagai macam prestasi. Diantaranya Silver Medal World Virtual Choir Festival, Juara 1 Negeri Sembilan Online International Taekwondo Championship 2022, Juara 3 Kelas 60 Junior Male Kejuaraan Nasional Wushu, Silver Medal at Indonesia Inventors Day 2021, Juara 2 International Science Olmpiade. (untidar.ac.id/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?