ADV

Untidar Siapkan Enam Lokasi UTBK-SBMPTN untuk 10.385 Peserta

MAGELANG - Calon mahasiswa tak perlu jauh-jauh keluar daerah untuk mengikuti UTBK-SBMPTN (Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Tahun ini, Universitas Tidar (Untidar) telah menyediakan sebanyak 10.385 kursi, untuk para peserta UTBK-SBMPTN yang berdomisili di kota maupun kabupaten Magelang.

"LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) menganjurkan peserta UTBK-SBMPTN untuk memilih lokasi ujian di sekitar tempat domisilinya," jelas Arif Rahman Saleh, ST, MT, Koordinator Pusat UTBK-SBMPTN Untidar, Jumat (19/3/2021). Anjuran itu merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19.

Seorang peserta yang memilih Universitas Indonesia, misalnya, tidak perlu datang ke Depok atau Jakarta untuk menjalani UTBK-SBMPTN. Ia cukup mengikutinya di salah satu dari sejumlah lokasi ujian yang disediakan Untidar.

"Kalau di dekat rumahnya ada lebih dari satu pilihan lokasi ujian, pilih lagi mana yang paling dekat, yang paling mudah diakses," terang Arif Rahman. Ia mengingatkan, tempat ujian samasekali tidak berpengaruh pada nilai UTBK-SBMPTN.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peserta UTBK-SBMPTN tahun ini tidak dapat memilih atau menentukan ruangan ujian, karena semuanya telah dikelola secara otomatis oleh sistem.

Pusat UTBK-SBMPTN Untidar menyelenggarakan tes masuk PTN di enam lokasi berikut: Kampus Universitas Tidar, SMKN 1 Kota Magelang, SMKN 2 Kota Magelang, SMAN 4 Kota Magelang, SMAN 5 Kota Magelang, dan SMK Ma'arif Kota Mungkid, Kabupaten Magelang.

UTBK-SBMPTN tahun ini akan diselenggarakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama, tanggal 12 sampai 18 April 2021. Gelombang kedua, tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021.

Untuk peserta difabel (tunanetra dan tunadaksa) dapat menjalani ujian pada 15 April 2021. Adapun peserta kelompok UTBK-SBMPTN campuran, dapat mengikuti tes pada 18 April atau 2 Mei 2021.(Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?