PRESTASI. Dua siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah menorehkan prestasi. (foto: ist)
Daerah

Dua Siswi SMP Mutual Torehkan Prestasi Membanggakan Dalam Kejuaraan MOTION

MAGELANG – Dua siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah menorehkan prestasi di ajang kompetisi Mutual Outstanding And Innovative Competition (MOTION). Kompetisi ini diselenggarakan SMA Mutual dalam peringatan milad yang diikuti oleh siswa-siswi jenjang SMP/ Mts Se Kedu. Kedua siswa ini meraih medali emas dan perak.

Saat dikonfirmasi, Chomsin Adi Subroto selaku pendamping dan pelatih membenarkan hal tersebut. Kedua siswa itu unggul dalam lomba cipta dan baca puisi.

“Kedua siswa kami tersebut diantaranya adalah Naila Hasna Wakamila (Juara I) dan Ghaniya Meysa Aqila (Juara III),” ujarnya.

Dikatakan, menulis dan mengekspresikan karya sendiri bukan sesuatu yang mudah. Mereka mulai berlatih dari menyusun huruf dengan huruf, kata dengan kata dan akhirnya menjadi kalimat-kalimat sajak yang berarti lalu mengeskpresikan.

“Kami selalu memotivasi anak-anak dengan kalimat : “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Mengutip kata Pramoedya Ananta Toer ; Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” tegasnya.

Kepala SMP Mutual, Wasi’un mengapresiasi atas capaian prestasi tersebut. Dirinya berharap, meskipun pandemi, para guru tetap semangat memetakan potensi-potensi sehingga dapat menyalurkan bakatnya sehingga dapat berbuah prestasi.

“Di masa seperti ini memang serba dilematis sebagai penyelenggara pendidikan. Kita harus pandai-pandai melihat peluang agar anak-anak tetap produktif”, katanya.

Lebih lanjut, pria kelahiran Temanggung ini berharap kepada para wali kelas dapat membangun komunikasi yang nyaman dengan para siswa. Sehingga mereka dapat terbuka dan tergali apa yang seharusnya terfasilitasi oleh sekolah. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?