Naufal Sidqi Al Afghani
Tokoh

Liburan Produktif Siswa SMP ala Naufal

Siedoo, Liburan sekolah menjadi waktu yang ditunggu oleh siswa. Hal itu karena pada periode ini, siswa telah menyelesaikan ujian akhir semester. Namun, meskipun liburan sekolah, ada juga siswa yang dibekali tugas dan kegiatan untuk memaksimalkan waktu mereka.

Seperti salah satu siswa SMP Muhammadiyah Wanandadi, Naufal Sidqi Al Afghani. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Tatit Setya Aji dan Sri Yuni Astuti yang saat ini duduk di bangku kelas VII. Naufal juga menimba ilmu di pondok Sabilurrosyad Banjarnegara,

Selain mengerjakan beberapa tugas yang diberikan sekolah, Naufal juga aktif dalam berkegiatan di masjid. Salah satunya yaitu ikut serta membantu mengajar di TPQ Madin Al Huda, Perumahan Pondok Asri 2 Payaman, Secang Magelang.

“Awalnya saya malu-malu. Tapi lambat laun terbiasa dan mulai percaya diri,” aku Naufal.

Naufal membantu mengajar di TPQ pada setiap Senin hingga Jumat. Kegiatan dimulai pada pukul 15.30 – 17.00 WIB. Beberapa materi yang disampaikan Naufal diantaranya adalah membaca huruf hijaiyah untuk anak-anak setingkat PAUD dan TK.

Setya Aji mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan di luar sekolah dan pondok untuk selalu belajar dan mengamalkan ilmunya, walaupun baru mengajari anak-anak setingkat PAUD dan TK

Tidak hanya aktif dalam masyarakat, Naufal pun kerap membantu orang tuanya dalam pekerjaan rumah, seperti menyapu atau mencuci piring. Ia juga meluangkan waktu untuk dirinya sendiri dengan bermain bersama teman sebaya, nonton TV, bermain game online, ataupun menekuni hobi menggambarnya.

Liburan semester kali ini terhitung mulai dari 19 hingga 31 Desember 2021. Rutinitas Naufal sebagai seorang pelajar yang juga menimba ilmu di pondok menyebabkan ia menjalankan rutinitas sosial dan keagamaan dengan seimbang.

Setiap pagi hari ia berolahraga dan setelah salat subuh dan maghrib membaca Al-Qur’an atau yang biasa disebut dengan Murojaah.

“Semoga Naufal menjadi anak sholeh dan bisa mengamalkan ilmunya untuk masyarakat. Ilmu yang berguna dan bermanfaat insyaAllah,” ujar Aji, orang tua Naufal. (*)

Apa Tanggapan Anda ?