Advertorial

Kesempatan Emas untuk Memiliki dan Optimalkan Website Sekolah

Siedoo, DEWASA ini tidak dapat dipungkiri lagi, akan pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya teknologi internet. Dunia pendidikan termasuk lembaga pendidikan, mau tak mau harus menyesuaikan kemajuan teknologi informasi. Utamanya, teknologi informasi website.

Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan pendidikan dari waktu ke waktu makin tinggi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, maka lembaga pendidikan dalam berbagai tingkat dan jenjang pendidikan tidak bisa berdiam diri untuk melestarikan kemampuan budaya dan performen suatu sekolah. Namun, harus gigih melakukan inovasi perubahan dalam berbagai aspek agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat yang hidup dalam pada era globalisasi.

Saat ini, pentingnya website bagi sekolah tidak hanya sekedar sebagai fasilitas untuk dunia pendidikan dan mendapatkan informasi terbaru terkait pendidikan, terutama di negara Indonesia. Namun, juga bisa memberi kesan baik dan juga profesionalisme bagi sekolah yang bersangkutan.

Website sekolah saat ini tengah menjadi tren di dunia pendidikan dan website sekolah memperoleh perhatian, tanggapan yang sangat bagus dari berbagai pihak baik dari tenaga kependidikan, siswa serta masyarakat.

Selain itu, website sekolah dapat di jadikan sebagai media pembelajaran online maupun yang lebih dikenal dengan istilah e-learning. Hal ini bisa membantu memudahkan siswa atau murid untuk mengakses mata pelajaran tambahan yang seringkali diberikan guru lewat situs sekolah. Sehingga, jauh lebih tepat guna dan juga informatif.

Pentingnya sebuah website untuk pendidikan memang sudah seharusnya digalakkan dengan tujuan agar siswa pun bisa menjadi mudah belajar, berkreasi, mengakses nilai, mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Sebagai bentuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter dan juga pengenalan teknologi informasi pada anak didik semenjak dini.

Memang bukan hal yang baru bila setiap sekolah pasti mempunyai website. Meski, belum semua sekolah mempunyai website khusus, hampir kebanyakan menumpang di lembaga pemerintahan atau swasta yang memang menyediakan situs gratis untuk sekolah yang ingin membuat website.

Akan tetapi ada beberapa sekolah yang tidak terlalu peduli dengan pentingnya sebuah website. Hal itu disebabkan beberapa hal. Seperti, kekurangpahaman pihak sekolah untuk membangun atau mengelola website. Ada pula yang merasa tidak penting karena belum mendapat instruksi secara dinas. Namun, bagi pihak sekolah yang kreatif dan inovatif di mana pun lokasi sekolahnya, di perkotaan maupun pedesaan, akan menganggap website sekolah adalah suatu kebutuhan.

Sehingga, akan membuat website sekolah. Karena memiliki website lebih pada kebutuhan sekolah, bukan kebutuhan dinas. Namun, dinas akan memberi nilai lebih bila sebuah sekolah memiliki website.

Kegiatan mobilitas yang semakin tinggi seharusnya dapat dijadikan kesempatan yang baik untuk sekolah supaya bisa membuat website sekolah dan mengoptimalkannya. Sehingga, diharapkan nantinya siswa dapat berpindah arus, dari yang selama ini sering bergelut dengan aplikasi online maupun game online, menjadi lebih tertarik ke website sekolahnya.

Pembuatan website sebaiknya pilih yang lebih interaktif serta tidak kaku. Artinya, website sekolah dijadikan sarana yang luwes. Sebagai media komunikasi antara pihak sekolah dengan masyarakat. Antara guru dengan murid, guru dengan wali murid. Bahkan, pihak pengunjung bisa membaca berita atau artikel dalam website sekolah yang diaksesnya.

Beberapa hal berikut yang merupakan manfaat dari membangun website untuk sekolah:

a. Profile
Website merupakan rumah online untuk siapapun, tidak terkecuali sekolah. Melalui website sekolah, orang yang mengakses bisa dengan mudah mengetahui isi profile dari sekolah tersebut.

Kegiatannya, penghargaan, ekstrakurikuler, lomba-lomba yang diikuti, struktur sekolah dan lain sebagainya. Hal ini memudahkan orang lain untuk lebih tahu terkait sekolah yang nantinya dituju.

b. Media Informasi
Siswa biasanya akan mengakses nilai atau NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dari website sekolahnya yang diunggah oleh guru mereka lewat administrator atau operator website. Tidak hanya untuk siswa, namun website sekolah juga dapat diisi dengan artikel yang bermanfaat untuk siswa dan orang lain pada umumnya.

c. Media Pembelajaran
Pembelajaran melalui internet (E-learning) melalui website sekolah akan menjadi media pembelajaran online dari situs sekolah. Hal itu akan memberi efek yang baik untuk kelangsungan pendidikan siswa. Mereka jadi jauh lebih mudah belajar tanpa mengenal waktu dan juga tempat.

Dengan demikian, maka nilai plus untuk mencerdaskan anak bangsa dengan sederhana dan bervariasi bisa terealisasikan lewat media online tersebut.

Manfaat website tidak hanya terurai di atas, namun masih banyak. Sehingga, sekolah yang kreatif dan inovatif akan membuat website sekolah meskipun berbayar. Pembayaran website ini pun tidak menyalahi aturan bila menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Karena fungsinya sama ketika sekolah membayar pemasangan wifi, langganan internet, atau pembelian pulsa modem guna kelangsungan pengelolaan Data Pokok Kependidikan (Dapodik).

Manfaat lain bagi sekolah dengan memiliki website sekolah, yaitu sebagai:

1. Sarana informasi bagi siswa dan wali murid,
2. Tempat untuk memaparkan prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih oleh sekolah,
3. Galeri foto sekolah,
4. Media yang memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan sekolah,
5. Tempat untuk menjelaskan fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di sekolah, contohnya: Laboraturium, Perpustakaan, Band Sekolah, Unit Kegiatan Ekstrakulikuler di sekolah,
6. Tempat untuk memasang struktur organisasi yang ada di sekolah,
7. Pengganti brosur untuk ajang promosi sekolah dalam mencari calon siswa-siswi baru,
8. Media informasi kelulusan siswa,
9. Sarana menampilkan video profile sekolah.

Maka dari itu, bagi sekolah yang ingin membuat website dapat menggunakan tawaran dari Siedoo Indonesia (Siedoo.com). Sebab, dengan website yang ditawarkan ini akan menjadikan sekolah lebih dikenal masyarakat luas dan nantinya akan berimbas baik ke sekolah tersebut.

Selain bisa memiliki website, sekolah yang bersangkutan memiliki keuntungan lain terkait kelangsungan website sekolah agar selalu hidup (aktif) diakses.  Siedoo.com, menawarkan bonus yang tidak dimiliki penyedia jasa pembuatan website sekolah lainnya. Yaitu, website sekolah terhubung langsung dengan Siedoo.com yang menyajikan informasi pendidikan dari pelosok tanah air up to date.

Selain itu, Tim Siedoo.com akan memberikan pelatihan menulis konten website kepada guru sekolah yang bersangkutan sehingga keberlangsungan dan update berita dapat terjamin, karena kebanyakan website sekolah terkendala permasalahan update berita.

Tujuan memberi pelatihan menulis agar guru tersebut mampu mengolah website (sebagai operator website). Juga, mampu menulis berita dan artikel yang bisa juga dikirim ke media online khusus pendidikan diantaranya Siedoo.com. Apabila sekolah berkenan untuk memiliki website tersebut, dapat mengajukan permohonan melalui form berikut ini : Formulir Permohonan Website

Jadi, jelaslah bahwa pendidikan harus berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi. Teknologi ini diciptakan sebagai buah dari hasil pendidikan. Dengan demikian, memang sudah sangat wajar pada saat sekolah memakai produk teknologi dalam mengembangkan sekolah, baik dari kualitas siswa, guru serta untuk membangun komunikasi intensif dengan orang tua. Saatnya setiap sekolah memiliki website.

 

*Tim Siedoo 

Apa Tanggapan Anda ?