UKM. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Difabel (FORDA) Universitas Muhhamadiyah Magelang (UNIMMA) menggandeng komunitas-komunitas difabel di Magelang untuk mengadakan acara peringatan HDI 2021. (foto: ist)
Siedoo.com - UKM. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Difabel (FORDA) Universitas Muhhamadiyah Magelang (UNIMMA) menggandeng komunitas-komunitas difabel di Magelang untuk mengadakan acara peringatan HDI 2021. (foto: ist)
Daerah

Peringati Hari Disabilitas, Forda UNIMMA Gelar Sejumlah Acara

MAGELANG – Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Difabel (FORDA) Universitas Muhhamadiyah Magelang (UNIMMA) menggandeng komunitas-komunitas difabel di Magelang untuk mengadakan acara peringatan HDI 2021. Acara dilaksanakan pada Rabu (22/12) lalu di Lapangan Basket Kampus 2 UNIMMA. Temanya “Meningkatkan Partisipasi Bermakna Penyandang Disabilitas Melalui Interaksi yang Aksesibel untuk Menjamin Pemberdayaan Ekonomi Berkelanjutan”.

Agenda tersebut untuk menunjukkan kepada mahasiswa lain bahwa banyak disabilitas di Magelang yang memiliki banyak potensi. Terdapat serangkaian kegiatan yang digelar, yaitu pameran hasil disabilitas, donor darah, penampilan disabilitas, penampilan UKM Musik dan UKM Teater UNIMMA serta kegiatan baksi sosial pijat tuna netra.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Pokja 1 PKK Milenial Kabupaten Magelang, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Mahasiswa (LP2Ma) UNIMMA dan komunitas yang terlibat seperti Warsamundung, ITMI (Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia), Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia), Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia), MDC (Magelang Deaf Community) dan PKDAC (Paguyuban Keluarga dan Anak Cerebral Palsy) Kabupaten Magelang.

Dwi Kusuma, Ketua Panitia acara yang sekaligus mahasiswa difabel tuli di UNIMMA ini menyebutkan, baginya momentum tersebut sebagai bukti mahasiswa difabel juga mampu berorganisasi dan mengadakan kegiatan besar.

“Selain itu, acara ini juga menjadikan moment untuk mengenalkan potensi disabilitas kepada para stakeholder agar lebih bisa memberikan kesempatan yangs setara untuk disabilitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dwi menambahkan, serangkaian acara yang digelar juga menjadi salah satu kenangan yang berharga di penghujung tahun 2021.

“Ini juga menjadi sebuah motivasi baru untuk menyongsong tahun 2022 yang tentunya semoga membawa perubahan baru terhdap cara pandang masyarakat umum terhadap disaibiltas. Sehingga, membawa kesempatan yang setara untuk kemajuan disabilitas di semua bidang baik pendidikan, kesempatan kerja juga dalam bidang ekonomi yang mandiri dan berkelanjutan,” jelasnya.

Baca Juga :  Hambat Penyebaran Covid-19, Unimed Gelar Ujian Skripsi Online

Sementara itu, Dr. Imron, MA, Ketua LP2Ma mendukung kegiatan tersebut. “Acara ini dapat menambah kepercayaan diri teman-teman FORDA dalam konteks menapaki kehidupan sehari-hari dan menambah pengalaman mereka dalam rangka membekali diri untuk memperkaya softskill dan lifeskill,” tuturnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?