Daerah

GenBI Corner, Tingkatkan Minat Baca Anak Pedesaan

MAGELANG - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Corner merupakan perpustakaan yang dirancang menarik untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Yang terbaru, GenBI Universitas Tidar (UnTidar) meresmikan GenBI Corner di MI Al Islam Purwosari, Desa Purwosari, Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (2/10/2021). Dengan adanya GenBI Corner masyarakat diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta memberikan motivasi kepada anak-anak untuk meningkatkan budaya literasi.

"Dengan adanya GenBI Corner di Desa Purwosari ini, diharapkan dapat memberikan dorongan terhadap budaya literasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat di pedesaan terutama di Dusun Mertan," kata Afi, Pembina GenBI UnTidar.

GenBI UnTidar meresmikan GenBI Corner untuk meningkatkan minat baca masyarakat pedesaan. Peresmian dilaksanakan dalam acara puncak Bina Desa sekaligus penutupan Bina Desa GenBI UnTidar di desa tersebut.

Prof. Sugiyarto, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UnTidar berkesempatan meresmikan GenBI Corner. Ia mengatakan bahwa GenBI Corner merupakan rintisan perpustakaan yang baik.

"Terlebih jika dapat memotivasi anak-anak untuk memanfaatkan fasilitas GenBI Corner agar minat membacanya lebih tinggi," jelasnya.

Penyerahan secara simbolis GenBI Corner.

GenBI Corner ini pun mendapatkan apresiasi dari Anang Kurniawan perwakilan GenBI Korkom Semarang sebagai program untuk mendorong budaya literasi dengan memberikan fasilitas perpustakaan.

"Saya sebagai ketua GenBI Komsat UIN Walisongo semakin terpacu dan termotivasi untuk bisa mengikuti jejak GenBI Untidar. Yaitu bisa melakukan Bina Desa dan meluncurkan GenBI Corner," beber Anang.

Adanya program literasi ini pun mendapat respon positif dari warga sekitar. "Alhamdulillah, dengan adanya perpustakaan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Dusun Mertan untuk menambah ilmu dan wawasan," ungkap Siti Fadilah salah warga Dusun Mertan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?