Penutupan bindes GenBI IAIN Kudus yang telah berjalan selama 6 bulan
ADV

Enam Bulan Pengabdian Telah Usai, GenBI IAIN Kudus Rayakan Penutupan Bina Desa

KUDUS – Salah satu program kerja unggulan dari komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat IAIN Kudus adalah Bina Desa. Pada periode 2021/2022 di Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Adapun program kerja yang bertemakan “Sinergi Kolaborasi untuk Negeri. Temanya dari GenBI IAIN Kudus Bergerak Bersama Desa Margorejo untuk Wujudkan Desa Berdaya dan Inovatif”. Pelaksanaannya selama kurang lebih enam bulan terhitung dari 5 Februari 2022 sampai 17 Juli 2022.

Tepat pada hari Minggu, 17 Juli 2022, GenBI Komisariat IAIN Kudus mengadakan acara Penutupan Bina Desa di Aula Balai Desa Margorejo. Acara tersebut diselenggarakan sebagai bentuk simbolik berakhirnya masa bina desa yang telah dilaksanakan GenBI Komisariat IAIN Kudus. Tentu dengan capaian-capaian yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Margorejo.

Acara tersebut dihadiri kepala desa Margorejo beserta jajarannya, stakeholder Desa Margorejo, pengurus GenBI Korkom Semarang, delegasi GenBI komisariat di lingkup Korkom Semarang, dan 50 anggota GenBI IAIN Kudus.

Selama enam bulan lamanya, GenBI IAIN Kudus melakukan beberapa program kerja yang diinisiasi oleh Divisi Sosial & Lingkungan, Divisi Edukasi, Divisi Kewirausahaan, dan Divisi Minat & Bakat.

Program kerja yang telah terlaksana diantaranya adalah GenBI Bersih Lingkungan, GenBi Peduli Sampah, GenBI Bersih Punden, GenBI Bercocok Tanam, Seminar Kesehatan Mental, Budidaya Jamur, Pemberdayaan UMKM, Pendampingan QRIS, Green Economy, Sunday Healthy, Pelatihan Tari, GenBI Mengajar, GenBI Ranking Satu, Revitalisasi Perpustakaan Desa, dan masih banyak lagi.

Najib Iqom El Hikam selaku Ketua GenBI Komisariat IAIN Kudus 2021/2022 mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak Desa Margorejo yang secara terbuka berkenan memberikan ruang pengabdian masyarakat

“Atas apa yang telah dilaksanakan oleh GenBI IAIN Kudus selama enam bulan ini yang tidak lain untuk memberikan ruang pengabdian kepada masyarakat, saya ucapkan banyak terima kasih kepada pihak desa.” ungkapnya.

Sementara itu, Sumirkan selaku Kepala Desa Margorejo juga mengucapkan terima kasih atas segala bentuk dedikasi dan kontribusi GenBI IAIN Kudus di Desa Margorejo sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat desa.

“Terimakasih kepada GenBI IAIN Kudus, selama enam bulan ini telah memberikan dampak positif dan tentunya bermanfaat bagi Desa Margorejo. Kami sangat terbuka apabila GenBI IAIN Kudus kembali menyelenggarkan bina desa disini” tegasnya.

Dalam acara tersebut, juga dimeriahkan oleh tarian tradisional kreasi GenBI IAIN Kudus, dimana SDM pada penari tersebut tiga diantaranya merupakan penduduk asli Desa Margorejo. Selain itu, terdapat penampilan Sendawis Akustik, kelompok band asli Desa Margorejo.

Dilain pihak, Dr. H. Kisbiyanto, S.Ag., M.Pd. selaku Wakil Rektor III sekaligus Pembina GenBI IAIN Kudus mengucapkan selamat kepada GenBI IAIN Kudus atas kelancaran program kerja bina desa di Desa Margorejo.

“Selamat dan tetap semangat untuk mengabdi kepada masyarakat luas supaya kelak bisa memimpin bangsa dan negara ini dengan lebih baik.” ucap beliau. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?