DONOR DARAH. Perayaan Hari Donor Darah Sedunia dengan tema Darahku Bukti Nyata Selamatkan Jiwa Sesama. (foto: ist)
ADV Daerah

Wujud Perayaan Hari Donor Darah Sedunia, GenBI IAIN Kudus dan GenBI UMK Gelar Donor Darah

KUDUS – Komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia atau yang dikenal dengan GenBI (Generasi Baru Indonesia) terus mendedikasikan diri melalui kegiatan bermanfaat bagi khalayak luas.

Tepatnya, GenBI IAIN Kudus bersama GenBI Universitas Muria Kudus bekerjasama dengan PMI Kudus menyelenggarakan kegiatan donor darah pada Rabu (15/6/2022) di Balai Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Tajuk yang diangkat “Darahku Bukti Nyata Selamatkan Jiwa Sesama”.

Pada kesempatan tersebut,  donor darah dilaksanakan dalam rangka perayaan Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati pada (14/6/2022). Calon pendonor 43 orang. Adapun yang sesuai kriteria dan persyaratan sebanyak 21 orang.

Selanjutnya, kantong darah yang telah terkumpul diserahkan ke Unit Donor Darah (UDD) Kudus. Harapannya dapat dialokasikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hanik Farihah selaku ketua pelaksana kegiatan kolaborasi donor darah menjelaskan tujuan diselenggarakan donor darah sebagai upaya mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

“Sebagaimana yang kita tahu, tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah masih kurang, sehingga dengan diselenggakaran donor darah secara kolaborasi ini, maka akan mempermudah dalam mendapatkan pendonor lebih banyak,” katanya.

Salah satu pendonor,  Zaenul Fikron membeberkan kesannya seusai melaksanakan donor darah. Ia merasa senang dapat berkesempatan mendonorkan darahnya untuk kedua kalinya dan dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Ini kali kedua saya melakukan donor darah, meskipun awalnya merasa takut, tetapi karena sudah merasakan manfaatnya yang awalnya merasa takut berubah menjadi senang karena dapat membantu sesama. Berhubung saya suka tantangan dan hal baru, jadi saya lawan rasa takut itu. Saya merasa senang karena darah saya nantinya akan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan,” ungkapnya. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?