Daerah

UNIMMA : Kualitas Lulusan Indikator Penting Kualitas Kampus

MAGELANG - Indikator penting kualitas suatu Perguruan Tinggi (PT) salah satunya dengan melihat kualitas lulusan. Untuk mencapai indikator kualitas tersebut, Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) telah menyusun dua usaha untuk mempersiapkan lulusan terbaik.

“Dua indikator yang menjadi perhatian kami agar mencapai lulusan yang berkualitas yaitu yang pertama lulusan UNIMMA bekerja kurang dari 6 bulan setelah lulus atau melanjutkan pada jenjang selanjutnya. Dan yang kedua mempersiapkan kurikulum sesuai dunia usaha, industri, dan dunia kerja," kata Wakil Rektor 1 UNIMMA Puguh Widiyanto, S.Kp., M.Kep.

Puguh menyampaikan itu saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-MB) tahap 2 diselenggarakan UNIMMA pada Sabtu-Minggu (25-26/9/2021). PKK-MB ini dilaksanakan serangkaian dengan PKK-MB Tahap 1 pada 20 Agustus lalu.

Puguh mengatakan, UNIMMA mendukung dengan menjalin kerja sama kegiatan di luar kampus yang dikenal dengan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). "Kami harap kompetensi yang ditawarkan bisa menjawab tantangan dunia usaha, industri, dan dunia kerja dengan indikator lulusannya diberi gaji 1 sampai 2 kali UMK,” jelasnya.

PKK-MB dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 UNIMMA dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan zoom meeting UNIMMA. Berbagai materi disiapkan untuk menunjang pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru.

Diantaranya, kuliah umum dengan tema Kesadaran Bela Negara dan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang disampaikan oleh Dr. Dyah Andriantini Sintha Dewi, M.Hum, Memahami Paradigma Islam dalam Pandangan Muhammadiyah disampaikan oleh Drs. Sugiyono, MSI. Serta kuliah umum oleh Yun Arifatul Fatimah, S.T, MT, PhD dengan tema Menumbuhkan Jiwa Kritis Mahasiswa.

Acara yang diikuti 341 mahasiswa baru tersebut dilanjutkan dengan pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UNIMMA. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?