Daerah

Prodi PGSD UNIMMA Ikuti Monev Hibah CoE Kampus Merdeka

MAGELANG - Beberapa program yang tergabung dalam Strategi Pemenuhan Kompetensi Lulusan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melalui MBKM (research and internship) di era 4.0 telah berhasil dilaksanakan. Diantaranya program magang dan pertukaran mahasiswa.

Program pertukaran mahasiswa dapat diikuti oleh mahahasiswa mulai dari mahasiswa semester 5. “Pertukaran mahasiswa yang kita laksanakan salah satunya dengan pertukaran mahasiswa kami sebanyak 25 mahasiswa ke dalam dan menyerap 25 mahasiswa dari luar,” kata Ari Suryawan, M.Pd, Ketua Pelaksana CoE PGSD UNIMMA.

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNIMMA mengikuti monitoring dan evaluasi (monev) hibah Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) pada Selasa (21/09/2021). Monev yang dilakukan melalui zoom meeting dihadiri oleh beberapa kampus yang tergabung dalam program CoE tersebut.

Lebih lanjut, Ari melaporkan bahwa program magang dapat diikuti oleh mahasiswa pada semester 6 dan 7. Pada mahasiswa yang mengikuti program MBKM tersebut dibolehkan tidak mengikuti perkuliahan regular dan menggantinya dengan laporan program magang.

Selain itu, program tersebut juga bisa digunakan dalam laporan KK. Sehingga mahasiswa tidak perlu ikut dalam KKN.

“Program magang ini diberikan khusus mahasiswa semester akhir agar mahasiswa dapat diserap langsung oleh mitra magang menjadi tenaga pendidik,” ungkap Ari.

Pada kesempatan itu, monev dibuka oleh perwakilan Direktorat Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek), Dewi Wulandari. Dalam sambutannya, Dewi menyampaikan bahwa dilakukannya monev untuk mendapatkan informasi serta memberi masukan pertimbangan kepada prodi agar dapat memperbaiki proses pelaksanaan kegiatan, sehingga sesuai dengan tujuan.

“Hasil monitoring juga dapat digunakan untuk memberi masukan kepada pimpinan prodi, fakultas maupun perguruan tinggi mengenai sejauh mana program studi telah mampu mengimplementasikan program Center of Excellence MBKM,” tuturnya.

Baca Juga :  Sekolah Cikal Ajak Siswa Belajar Daring Bareng Dokter

Monev CoE MBKM PGSD Unimma mendapatkan sambutan baik dari para Tim Review Belmawa karena laporan kemajuan program yang baik. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?