BERPOSE. Dua Tim FT UNIMMA saat berpose bersama dosen pembimbing. (foto: unimma)
Siedoo.com - BERPOSE. Dua Tim FT UNIMMA saat berpose bersama dosen pembimbing. (foto: unimma)
Pendidikan

Membanggakan! Dua Tim FT UNIMMA Juara Penulisan Artikel Ilmiah Tingkat Nasional

MAGELANG, siedoo.com – Prestasi dari mahasiswa S1 Teknik Informatikan Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) membanggakan dalam lomba penulisan ilmiah tingkat nasional.

Dalam lomba yang diselenggarakan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kedua tim lolos dalam tahap akhir final presentasi, Senin(19/9/2022). Mereka bertanding dengan 15 tim lainnya dari seluruh Indonesia untuk menentukan juara.

Dengan dibimbing dosen FT UNIMMA yaitu M Resa Arif Yudiyanto, M.Kom, Pristi Sukmasetya, M.Kom dan Rofi Abul Hasani, M.Eng yang tergabung dalam Software Engineering Study Club FT UNIMMA, kedua tim berhasil mendapatkan juara.

Mereka ialah Anisa Wahyuningyas dan Devi Oktaviani, mahasiswa semester 7 yang meraih juara satu dengan judul artikel “Analisis Klasifikasi Citra Candi Menggunakan K-Nearest Neighbor dan Support Vector Machine”. Sementara itu, tim Arya Prayoga dan Futun Nur Faridah menyabet juara harapan dengan judul artikel “Identifikasi Motif Batik Menggunakan Metode Support Vector Machine”.

Pristi menyebutkan, sebagai dosen sebisa mungkin memfasilitasi mahasiswa untuk berproses dan memastikan mahasiswa bisa berjuang dan memberikan yang terbaik dari awal sampai dengan akhir perlombaan.

“Dalam prosesnya, pembimbingan dan pendampingan lomba ini dilakukan secara bertahap dan terjadwal. Mahasiswa dipersiapkan untuk memaksimalkan artikel ilmiah yang ditulis, kemudian mahasiswa diberikan pengarahan untuk persiapan presentasi sampai dengan simulasi tanya jawab,” jelasnya.

Adapun para dosen berharap agar semakin banyak mahasiswa yang bisa mengikuti kegiatan serupa sehingga semakin banyak pula mahasiswa yang bisa menorehkan prestasi.

Di sisi lain, Program Studi (prodi) Farmasi (S1) Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UNIMMA melaksanakan Penandatanganan MoA dan Apersepsi Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bersama mitra dunia usaha dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA). Acara berlangsung di Hotel Grand Artos, Magelang pada Kamis (16/9/2022) dibuka oleh Dekan Fikes UNIMMA, Dr. Heni Setyo ER, M. Kes.

Baca Juga :  Manfaatkan Potensi Sampah untuk Tingkatkan Ekonomi Keluarga di Kota Magelang

Sejumlah mitra dihadirkan diantaranya, pimpinan PT Capung Indah Abadi, PT Swayasa Prakarsa, CV Herbal Indo Utama Magelang, CV Naturonal Creatama serta beberapa apotek di wilayah Magelang seperti Apotek Kawatan, Apotek Sultan Agung, Apotek Sehati, Apotek Berkat Sehat dan Apotek Karunia.

Dr. Apt. Prasojo Pribadi, M.Sc, Ketua Prodi S1 Farmasi mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk melakukan apersepsi dan penguatan implementasi MBKM dalam program magang dengan mitra DUDIKA.

“Sehingga harapannya, dapat meningkatkan link and match antara lulusan Program Studi S1 Farmasi dengan DUDIKA,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Elmiawati Latifah, M.Sc, Koordinator Kurikulum menyampaikan pertemuan dengan DUDIKA tersebut juga sebagai bentuk implementasi Program Hibah Akselerasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang Inovatif Adaptif dan Kolaboratif, Bekerjasama dengan Mitra Menuju Center of Excellent. 

“Dengan kolaborasi seperti ini, nantinya lulusan Program Studi Farmasi  akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui pembelajaran di luar program studi,” kata Dr. Elmi. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?