Daerah

Fikes UNIMMA Kenalkan Dunia Kerja Mahasiswanya

MAGELANG - Program studi (prodi) D3 Keperawatan Fikes UNIMMA menyelenggarakan Pengenalan Dunia Kerja dan Rekrutment Tenaga Kesehatan secara daring melalui zoom meeting pada Senin (30/08/2021). Dalam kegiatan Pengenalan Dunia Kerja, dihadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidangnya. Ialah Ns. Zaenal Arifin M.Kep dari RS PKU Muhammadiyah Parakan yang memaparkan materi Proses Rekruitmen di Rumah Sakit dan Wawan Setiyanto, Amd.Kep dengan materi Proses Keperawatan di RS Wisma Atlit.

"Kami ucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah meluangkan waktu untuk bergabung dalam acara tersebut," kata Dr. Heni Setyowati ER, M.Kep, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Jawa Tengah.

Tenaga kesehatan (nakes) sudah pasti terlibat dalam pemberian pelayan kesehatan kepada pasien di rumah sakit. Mereka merupakan garda terdepan yang berhubungan dengan pasien.

Tentunya tidaklah mudah mendapatkan tenaga kesehatan yang profesional bagi suatu rumah sakit. Itu karena tidak hanya kuantitasnya saja yang perlu diperhatikan tetapi juga kualitasnya.

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sebagai institusi yang mencetak tenaga kesehatan yang unggul selalu berusaha memberikan input positif bagi mahasiswanya. Dengan alasan itu kemudian Fikes UNIMMA menggelar acara tersebut.

"Materi ini sangat menarik karena pada dasarnya setiap orang ingin bekerja. Sehingga bagaimana pengenalan dunia kerja ini bisa disimak dengan baik dan nantinya mahasiswa mendapat peluang bekerja di dunia kerja,” ujar Dr. Heni.

Sementara itu, salah satu narasumber Zaenal menyampaikan Rumah Sakit membutuhkan nakes yang (1) memahami dan mengimplementasikan peran dan tanggung jawab perawat dengan ketrampilan klinis, (2) memiliki ketrampilan dan kemampuan berkomunikasi serta (3) memiliki kepribadian yang baik sikap dan perilakunya.

“Meskipun nakes sudah menjadi pegawai tetap, ketiga hal tersebut tetap dievaluasi,” beber Zaenal. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?