Nasional

Mendikbud Ingatkan Mahasiswa, Maksimalkan Kampus Merdeka

JAKARTA - Para mahasiswa baru diingatkan untuk mengambil bagian dengan memaksimalkan program Kampus Merdeka. Mahasiswa Indonesia bisa memanfaatkan untuk mengikuti program-program yang termasuk dalam Kampus Merdeka.

"Seperti magang di perusahaan atau organisasi sosial dunia, melakukan studi independen, membangun desa, melakukan riset, mengerjakan proyek kemanusiaan, merancang dan merintis wirausaha, melakukan pertukaran mahasiswa di luar atau dalam negeri, atau mengajar di Sekolah Dasar (SD) maupun di Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui program Kampus Mengajar. Seluruh program tersebut dirancang untuk memberikan peluang kepada mahasiswa dengan keragaman minat dan ketertarikan agar mendapatkan pengalaman yang tidak tertulis dalam buku teks atau diajarkan di kelas,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, B.A., M.B.A.

Ia menyampaikan itu saat Universitas Pelita Harapan (UPH) menyambut lebih dari 4.000 mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2021/2022 dalam acara UPH Festival 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual pada 26-28 Agustus 2021 dengan tema ‘Go Beyond’.

UPH Festival 2021 menghadirkan beragam program kreatif dan inspiratif yang dapat diikuti oleh mahasiswa baru untuk memberikan semangat dalam memasuki dunia perkuliahan. Acara penyambutan mahasiswa baru diawali dengan pelantikan secara simbolis yang dilakukan Rektor UPH, DR. (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., melalui acara Convocation kepada lebih dari 4.000 mahasiswa baru di seluruh kampus UPH yang berlokasi di Lippo Village-Karawaci, Plaza Semanggi-Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Sejalan dengan tema ‘Go Beyond’, Rektor UPH berharap agar selama di UPH mahasiswa baru dipersiapkan untuk siap diutus (Go) oleh Tuhan dan menjadi pemimpin masa depan yang menjadi berkat bagi bangsa dan negara (Beyond).

“Kami menyambut para mahasiswa baru dengan penuh semangat dan rasa syukur kepada Tuhan yang telah mengirim saudara masuk ke UPH," jelasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas, Sekolah Butuh Dukungan APBN

Ia berharap, selama mahasiswa belajar di UPH untuk sungguh-sungguh menikmati berkat sehingga dapat menyelesaikan studi dengan baik. Sesuai dengan tema UPH Festival tahun ini yaitu ‘Go Beyond’, ia berharap mahasiswa dipersiapkan untuk diutus menjadi berkat.

"Yaitu sesuai panggilan dan bidangnya masing-masing serta menjadi berkat bagi bangsa dan negara kita Indonesia,” kata Rektor UPH kepada seluruh mahasiswa baru.

Turut menyambut mahasiswa baru, Founder UPH, DR. (HC) James Riady, memberikan pesan dan dorongan bagi mahasiswa agar dapat mengambil peran sebagai pemimpin yang transformasional bagi Indonesia. Bahkan dunia ketika menyelesaikan masa studi di UPH.

Melalui UPH Festival 2021 ini, mahasiswa baru juga dijelaskan mengenai regulasi dan peraturan yang harus ditaati selama menjalani masa studi di UPH. Antara lain seperti pengurusan administrasi, cara berpakaian, tata krama, etika menghubungi dosen, etika bersosial media, dan lainnya. UPH berkomitmen untuk terus beradaptasi di era baru ini dalam memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh mahasiswa.

Rangkaian kegiatan UPH Festival 2021 dirancang lebih dari sekedar orientasi mengenal kampus baru. Dengan beragam program acara yang diadakan, UPH Festival 2021 akan menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa baru untuk belajar tentang panggilan mereka sebagai mahasiswa dan peran mereka nanti sebagai pemimpin masa depan yang visioner. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?