Seorang profesional sedang mengajar di Kelas Inspirasi. foto: kabarsumatera.com

Opini

Kelas Inspirasi, Sodorkan Pilihan Cita-cita Anak


Siedoo, KELAS Inspirasi menjadi wahana bagi sekolah dan peserta didik untuk belajar dari para profesional. Siswa akan belajar mengenai kenyataan. Para profesional menceritakan mengenai profesinya.

Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita. Serta, menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar.

Hal tersebut dibeberkan Kepala SMAN 4 Pekanbaru Nurhafni, yang juga Mahasiswa Program Doktor Ilmu Lingkungan.

Bagi para profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa.

“Interaksi antara para profesional dengan peserta didik dan guru diharapkan dapat berkembang. Nantinya, menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan untuk kemajuan satuan pendidikan yang melibatkan kontribusi kaum profesional,” katanya sebagaimana ditulis Riau Pos.

Ditandaskan, kegiatan – kegiatan ini hendaknya dibangun secara berkelanjutan oleh satuan pedidikan. Sebagai menyediakan media untuk kaum profesional meraba, menyentuh dan merasakan langsung tantangan pendidikan di sekolah. Serta, memantik mereka untuk terus terlibat langsung dalam ikut membangun kemajuan pendidikan secara konkret.

“Menyediakan wahana bagi guru, kepala sekolah serta pemangku kepentingan lain di sekolah untuk membangun jejaring dengan kalangan yang luas. Yang dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan demi kemajuan sekolah,” ujarnya.

Kelas Inspirasi, menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan. Serta, juga memperkuat rasa percaya diri dan tekad untuk terus berjuang mencapai cita-cita.

“Peserta didik akan belajar dengan senang, bahagia, memiliki kebanggaan dan kepuasan di saat orang tua mereka terlibat dalam Kelas Inspirasi untuk memotivasi peserta didik mewujudkan cita cita dan mimpi mereka,” ucapnya.

Menurutnya, keterlibatan orang tua dalam satuan pendidikan akan membantu orang tua membangun kesadaran akan pendidikan anak dengan mengembangkan lingkungan belajar di rumah yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Bagi para peserta didik, Kelas Inspirasi akan memperoleh manfaat memperluas wawasan siswa – siswi terkait pilihan profesi yang bisa dijadikan cita-cita, memberikan inspirasi untuk memiliki cita-cita setinggi mungkin. Memberikan motivasi untuk terus melanjutkan pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi, menanamkan empat nilai moral kejujuran, kerja keras, pantang menyerah dan kemandirian sebagai jalan untuk mewujudkan apa yang diimpikannya.

“Termasuk menyadarkan amat pentingnya sikap menghormati orang tua dan guru dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mimpi tertinggi mereka. Kehadiran peserta didik di sekolah akan meningkat, berkurangnya perilaku destruktif anak,” tandasnya.

Ditegaskan, Kelas Inspirasi akan menjembatani para orang tua profesional yang peduli akan kemajuan pendidikan anak-anak di satuan pendidikan. Keterlibatan orang tua dalam satuan pendidikan memperhatikan beberapa sikap. Diantaranya suka rela, bebas kepentingan, tanpa biaya, siap belajar.

“Mengambil bagian langsung, siap untuk bersilaturahmi, tulus, ikhlas, dan yang terpenting adalah orang tua peserta didik di satuan pendidikan tersebut,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?