Siedoo.com - UNIMMA Jawa Tengah mengadakan pemilihan mahasiswa berprestasi. | foto : Humas UNIMMA
Daerah

Pilmapres UNIMMA, Ajang Tingkatkan Reputasi Kampus

MAGELANG – Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tidak hanya melihat dari prestasi akademik. Namun banyak prestasi lain seperti kemampuan komunikasi bahasa inggris, kemampuan menyampaikan ide gagasan, bahkan mungkin debat melalui pertanyaan-pertanyaan langsung yang harus dijawab.

“Pilmapres juga menjadi ajang meningkatkan reputasi perguruan tinggi dan membawa manfaat peserta pilmapres itu sendiri,” kata Puguh Widiyanto, M.Kep, Pelaksana Harian (Plh) Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah.

Ia mengatakan itu berkaitan dengan UNIMMA menggelar seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021 di Aula Rektorat Kampus 2 UNIMMA pada Rabu (02/06/2021). Puguh menyampaikan motivasinya untuk peserta Pilmapres.

“Kita harus punya cita-cita dan keinginan setinggi langit, karena dengan keyakinan dan usaha kita akan terus bergerak dan terus semangat menggapai apa yang kita cita-citakan,” tuturnya.

Sebelumnya, peserta Pilmapres diwajibkan membuat gagasan ilmiah berbentuk makalah dan poster dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs) di era 4.0 dan dipresentasikan di depan juri. Adapun rubrik penilaian makalah tersebut diantaranya alur penulisan, analisis pencapaian, penjabaran rencana kerja, dan visualisasi gagasan.

Di akhir rangkaian acara, Ahwy Oktradiksa, S.Pd.I,.M.Pd.I, koordinator juri mengumumkan Nur Laily Regitasari dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIMMA sebagai pemenang juara 1 dalam ajang Pilmapres ini. Mahasiswa yang terpilih nantinya akan mengikuti Pilmapres yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.

Dr. Imron, S.Ag., MA, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Mahasiswa (LP2MA) mengatakan bahwa Pilmapres adalah salat satu kegiatan kemahasiswaan di UNIMMA dan bagian dari eksistensi perguruan tinggi. “Hasil dari Pilmapres ini akan dikirim tingkat provinsi dan mudah-mudahan mendapatkan hasil yang terbaik,” jelas Imron. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?