Daerah

Pakai Strategi Sekolah Unggulan, PPDB Kota Magelang Capai 4.688 Siswa

KOTA MAGELANG - Tahun ini, jumlah calon siswa dan siswi yang mengikuti PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) di Kota Magelang, Jawa Tengah tercatat sebanyak 4.688 orang.

Sebagian besar dari jumlah tersebut merupakan calon siswa dan siswi SMP (Sekolah Menengah Pertama) sederajat. Adapun sisanya adalah pendaftar SD (Sekolah Dasar) sederajat, dan TK (Taman Kanak-kanak).

Demikian data yang tercatat pada laman resmi PPDB online Kota Magelang, tahun ajaran 2021/2022.

"Ada stragegi yang diterapkan sekolah yaitu membuat program unggulan yang dilaksanakan pada PTM bulan Juli mendatang," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Agus Sujito.

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, jumlah SMP sederajat di Kota Magelang tercatat sebanyak 23 sekolah. Angka ini terdiri dari 15 sekolah negeri dan delapan sekolah swasta.

Untuk jumlah SD sederajat, di Kota Magelang terdapat 61 sekolah negeri dan 17 sekolah swasta.

Sedangkan SMA sederajat, termasuk MA (Madrasah Aliyah) dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), ada sebanyak enam sekolah negeri dan sembilan sekolah swasta. Namun, belum diketahui jumlah peserta PPDB untuk tingkat SMA sederajat di Kota Magelang.

Untuk tingkat SMP negeri sederajat, SMPN 5 memiliki daya tampung terbanyak di Kota Magelang, yakni 256 siswa/siswi.

Di urutan kedua, SMPN 1, SMPN 3 dan SMPN 13, masing-masing sebanyak 248 siswa/siswi.

Daya tampung terbanyak berikutnya, SMPN 8 dengan 246 siswa/siswi, serta SMPN 2 dan SMPN 10 masing-masing dengan kuota 224 siswa/siswi.

SMPN 9 memiliki kuota 216 orang, sementara SMPN 6, SMPN 7, SMPN 11, SMPN 12 dan MTsN 1 memiliki daya tampung masing-masing 192 siswa/siswi.

Adapun SMPN 4 memiliki daya tampung paling sedikit, yakni sejumlah 184 siswa/siswi.

Keseluruhan, jumlah peserta PPDB SMP sederajat di Kota Magelang yang dapat ditampung di sekolah-sekolah negeri, ada sebanyak 3.550 siswa dan siswi.

Baca Juga :  Pentingnya Kedepankan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Budaya di Kota Magelang

"Program unggulan sekolah - sekolahnya berbeda, sesuai yang diajukan oleh masing - masing sekolah," jelas Agus. (prokompim/kotamgl)(Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?