KULIAH. ADLP (ASEAN Digital Literacy Programme), Fajar Riadi DS, S.Psi saat menyampaikan kuliah umum. (foto: unimma)
Siedoo.com - KULIAH. ADLP (ASEAN Digital Literacy Programme), Fajar Riadi DS, S.Psi saat menyampaikan kuliah umum. (foto: unimma) KULIAH. ADLP (ASEAN Digital Literacy Programme), Fajar Riadi DS, S.Psi saat menyampaikan kuliah umum. (foto: unimma)
Daerah Pendidikan

FPH UNIMMA Gelar Kuliah Umum Sekaligus Bedah Buku, Berikut Pokok Materinya

MAGELANG, siedoo.com – Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar kuliah umum dan bedah buku di Auditorium Kampus 1 UNIMMA, Selasa (25/10/2022).

Kuliah umum diisi trainer literasi dari ADLP (ASEAN Digital Literacy Programme), Fajar Riadi DS, S.Psi. Sedangkan buku yang dibedah adalah ‘Book Chapters Psikologi Seri 1’. Kesempatan ini diikuti mahasiswa program studi Psikologi dan Ilmu Komunikasi.

Dekan FPH UNIMMA, Prof. Dr. Purwati MS., Kons menyampaikan, misinformasi dan disinformasi adalah dua hal yang tidak bisa dihindari di era digitalisasi.

“Untuk itu, tema yang akan disampaikan Pak Fajar membekali kita semua, terutama melindungi dari informasi-informasi yang tidak tepat,” tuturnya.

Dikatakan buku yang akan dibedah merupakan salah satu buku dari tugas dosen di bagian Pendidikan dan Pengajaran Karya Ilmiah.

Dengan bedah buku tersebut, lanjutnya, diharapkan ke depannya dosen FPH betul-betul bisa menguasai bagaimana menulis karya ilmiah yang bagus, baik secara sistematika maupun kontennya.

“Saya juga berharap kepada semua yang hadir terutama mahasiswa, tolong nanti perhatikan bedah buku ini. Semoga buku ini nanti bisa bermanfaat,” tambahnya.

Di sesi pertama, Fajar memberikan materi kuliah umum dengan tema ‘Mengatasi Misinformasi dan Disinformasi serta Melindungi Diri dari Konten Berbahaya’.

Sementara itu, di sesi kedua dilanjutkan dengan bedah buku yang mengangkat tema ‘Memberdayakan Masyarakat Digital’ bersama Aning Az Zahra, M.A dan Pristi Sukmasetya M.Kom. Keduanya merupakan dosen di lingkungan UNIMMA.

Aning membawakan topik mengenal anonimitas di dunia maya untuk membangun strategi literasi digital dalam keluarga. Diharapkan dengan topik tersebut dapat membuka wawasan mahasiswa tentang karakteristik dunia maya (anonimitas) dan memberikan saran-saran untuk pengembangan program literasi digital, terutama untuk anak, remaja dan keluarga.

Baca Juga :  Gairahkan Ekonomi di Tengah Pandemi, UNIMMA Dorong Kopi Temanggung Jadi Produk Unggulan

Adapun Pristi membedah buku bertopik mengenal smart city: perkembangan saat ini dan kontribusi ilmu-ilmu sosial untuk membangun smart city.

“Dengan topik ini, semoga mahasiswa dapat memahami tentang smart city dan memberikan insight kepada mahasiswa Psikologi dan Ilmu Komunikasi terkait kontribusi yang bisa diberikan untuk membangun smart city,” tutur Pristi. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?