ADV Opini

Lulus SMK, Mau Kerja, Kuliah Atau Kerja Sambil Kuliah?

Siedoo, Lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tentu disiapkan untuk bekerja dan SMK merupakan pendidikan menengah menyiapkan siswa didik untuk langsung dapat bekerja setelah lulus nantinya. Siswa SMK bisa dibilang “learning by doing”, yang mana siswa selain belajar teori juga harus melaksanakan praktik yang sangat banyak. Maka biasanya lulusan SMK diharapkan langsung bekerja tanpa melanjutkan ke bangku kuliah atau pendidikan yang lebih tinggi.

Banyak lulusan SMK masih bingung dalam  menentukan pilihan yang terbaik untuk masa depan yaitu kerja, kuliah atau kerja sambil kuliah. Kebingungan terbesar yang pada umumnya sering terjadi dihadapi siswa lulusan SMK adalah “bagaimana menghadapi masa depan, karier atau pendidikannya “ usai lulus. Dalam pemikirannya  apakah lebih baik bekerja, melanjutkan kuliah atau mungkin bisa kedua-duanya yaitu bekerja sambil kuliah. Banyak siswa menjadi risau merasakan hal yang sama, merupakan suatu kewajaran yang dialami lulusan SMK.

Disisi lain banyak lulusan SMK yang dipandang sebelah mata oleh para kaum menengah ke atas tetapi juga bisa menjadi diidam-idamkan masyarakat golongan rendah yang perekonomiannya menengah ke bawah. Karena harapan orang tua bagi putra-putrinya setelah lulus SMK untuk segera dapat kerja, serta dapat membantu keluarga dan segera dapat hidup mandiri.

Tentu setelah lulus SMK punya rencana ke depannya mau ke mana, kerja, kuliah atau bekerja sambil kuliah yang pasti ada pertanyaan dalam benak para lulusan SMK. Janganlah kalian menjadi risau karena hal seperti ini wajar dan juga merasa kebingungan akan timbul dirasakan bagian kalian yang baru lulus SMK. Karena lulusan SMK merupakan jenjang pendidikan yang mempunyai salah satu visi yaitu memproyeksikan siswa agar siap apabila ditempatkan di dunia kerja setelah lulus nantinya.

Baca Juga :  Pendidikan Bukan Masalah Jarak, Tetapi Mendekatkan Peserta Didik Pada Kehidupan

Ada 3 (tiga) hal yang perlu dipahami dan dimengerti bagi lulusan SMK, antara lain: Mau Ke mana  setelah lulus SMK ?” Sebuah pertanyaan yang akan selalu teringat dan terbayangkan setelah lulus SMK nantinya. Serta masih banyak kalau lulusan SMK tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, karena lulusan SMK sudah difokuskan atau diaplikasikan untuk memasuki dunia kerja.

Sehingga dengan terpaksa mereka mengubur impiannya untuk dapat lanjut menuntut ilmu lebih tinggi padahal punya potensi  akademik yang cemerlang. Atau mungkin sebaliknya ada yang sudah terlanjur memilih kuliah dan sudah masuk ke universitas, padahal lebih berbakat untuk memasuki dunia kerja.

Maka sebelum memutuskan positif mau lanjut atau melanjutkan kuliah, kerja atau kuliah sambil kerja. Sebaiknya kalian mempertimbangkan beberapa hasil sebagai berikut supaya tidak menyesal di kemudian hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Target apa yang ingin diraih setelah lulus SMK

Perlu ditanyakan pada diri sendiri dan merupakan pertanyaan pertama. Sebenarnya, target apa yang hendak kalian raih, terutama target jangka panjang ke depannya. Bagaimana? Semua akan mempengaruhi terhadap keputusan kalian yang hendak melanjutkan kerja atau kuliah. Atau mungkin target jangka panjang kalian adalah kerja lebih dulu sambil mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, sehingga bekerja adalah pilihan terbaik untuk kalian dengan bermodalkan ijazah SMK.

Mungkin juga kalian ingin membuka peluang usaha yang lebih besar untuk mencari pengalaman yang lebih luas. Juga dapat menambah pengetahuan yang berkaitan dengan bidang yang kalian minati, maka melanjutkan kuliah merupakan opsi yang perlu dipertimbangkan.

Demikian pula pilihan untuk bekerja sambil kuliah. Perlu kalian mempertimbangkan juga tentu dengan banyak hal untuk dapat mengetahui dengan jelas target yang perlu dicapai akan membantu kalian menemukan motivasi yang merupakan penyemangat di dalam “perjalanan” selanjutnya.

  1. Jangan mau menjadi pengekor alias hanya ikut-ikutan
Baca Juga :  Pembelajaran 2in1, Sekolah Sambil Bekerja

Jangan hanya mau menjadi pengekor atau ikut-ikutan teman dikarenakan tak ingin ketinggalan. Masalah urusan bekerja atau melanjutkan kuliah setelah lulus SMK sangat berpengaruh  besar atau mempengaruhi terhadap masa depan kalian. Kalau kalian merasakan dan mempunyai motivasi cenderung lebih besar ke bekerja dibandingkan kuliah, maka kerjalah terlebih dahulu dengan semangat dan motivasi sepenuh hati. Demikian sebaliknya, kalau mau kuliah.

Jangan hanya ikut-ikutan, karena ikut-ikutan tandanya kalian tidak punya motivasi, dan kalau sudah demikian maka akan menimbulkan kalian jadi malas untuk menjalaninya saat sudah dapat di pertengahan jalan. Maka dari itu jangan mudah kalian terpengaruh teman, lebih baik pilih pilihan yang paling kalian yakini baik itu kerja, kuliah atau bekerja sambil kuliah.

  1. Pandai memilih dari sisi negatif dan positifnya

Dalam setiap mengambil keputusan selalu ada sisi negatif dan positifnya, dan kalian perlu sekali menelaah dengan baik demi menghindari penyesalan di masa depan. Seperti halnya kalau kuliah mungkin akan membukakan kalian peluang yang lebih luas, tetapi pada waktu bersamaan kalian akan tertinggal dari teman-teman sewaktu di SMK seangkatan yang sudah terlebih dahulu berkarier.

Sewaktu kalian memilih untuk bekerja, kalian mungkin kesempatan untuk melihat dunia akan memiliki peluang lebih kecil dibandingkan ketika kalian berkuliah. Pada saat kalian memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, maka waktu kalian akan tersita lebih banyak untuk memenuhi  tuntutan dua tanggung jawab yang sama-sama pentingnya . Maka dari itu pikirkan lebih dahulu dengan baik-baik. Juga termasuk risiko dan konsekuensinya yang mungkin akan muncul ke depannya, sehingga kalian lebih siap dalam menghadapi dan menjalaninya.

Untuk mendapatkan jawaban yang pasti masalah pilihan terbaik untuk lulusan SMK apakah bekerja, kuliah, atau kuliah sambil kerja. Semua keputusan dikembalikan pada diri individu masing-masing, karena semua ini ditentukan berbagai faktor, seperti halnya motivasi, kesiapan, minat, bakat juga sampai dengan  kondisi biaya atau finansial pribadi masing-masing dan apa pun pilihan kalian. Maka dari sekarang pastikan bahwa kalian sudah benar-benar  yakin dan juga siap untuk menjalaninya.

Baca Juga :  Pentingnya Anak Dikenalkan Pasar Tradisional

Demikian sedikit informasi dan ulasan semoga bermanfaat dan membantu kalian dan anak-anakku lulusan SMK yang tentu masih bingung untuk mengambil keputusan yang terbaik mau kuliah, kerja atau kuliah sambil kerja. Selamat mencoba, semoga sukses buat anak-anakku lulusan SMK tahun 2021! (*)

Dra. Etty Kristina
Guru Bimbingan dan Konseling
SMK Negeri 1 Magelang, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?