PROGRAM. 10 mahasiswa Unimma ikut dalam program pertukaran pelajar dengan Asia University Taiwan. (foto: ist)
Internasional

Berikut Daftar 10 Mahasiswa Unimma yang Ikuti Student Exchange Asia University Taiwan

MAGELANG – Meski dengan ruang temu virtual, Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mengirimkan 10 mahasiswa pada program pertukaran pelajar dengan Asia University, Taiwan. Program ini untuk memberikan peluang kepada para pelajar merasakan program pembelajaran di kampus lain, menyerap berbagai disiplin ilmu dan teknologi, serta sebagai ajang untuk pertukaran budaya.

Segala bentuk keterbatasan akibat adanya covid-19, tidak menjadi hambatan dalam mewujudkan program pertukaran pelajar ini. Sebelumnya telah dilakukan proses tes seleksi yang meliputi tes IQ, TOEFL dan wawancara. Tes wawancara dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom. Tes seleksi ini dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) atau dikenal juga dengan International Relations Office (IRO) Unimma pada 28 – 30 Desember 2020.

Kepala Divisi IRO, Nia Kurniati Bachtiar, SE., S.Si., M.Sc menyampaikan dengan adanya Student Exchange ini mahasiswa bisa memiliki pengalaman kuliah di kampus lain terutama luar negeri. Mahasiswa juga bisa mendapatkan insight yang berbeda dan dapat memperluas perspektif mereka baik dalam segi pengetahuan maupun softskill mereka.

“Jaga nama baik diri sendiri, agama dan universitas saat belajar di kampus lain, maximise your time when you’re doing Student Exchange,” tutur Nia.

Sementara itu, Arif Mubarok, salah satu mahasiswa yang berhasil lolos tes seleksi mengatakan, program virtual student exchange ini merupakan salah satu kesempatan untuk bisa melebarkan sayap pengetahuan sekaligus mempelajari bidang ilmu yang belum tentu didapatkan di Indonesia.

“Mata kuliah yang ditawarkan sangatlah menarik bagi saya. Jadi saya berharap dalam student exchange ini bisa jadi investasi ilmu pengetahuan bagi diri saya dan sekitar serta saya berharap bisa menjadi salah satu representasi membanggakan yang membawa nama baik Unimma hingga kancah internasional,” jelas Arif.

Kesepuluh mahasiswa yang lolos tes seleksi adalah:

  1. Anindita Audio A (Fakultas Agama Islam)
  2. Jihan An' naafi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
  3. Fauzi Dimas Putra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
  4. Aulia Muraini (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
  5. Arif Mubarok (Fakultas Hukum)
  6. Septria Ayu Saputri (Fakultas Hukum)
  7. Kusumaatma Syafadi (Fakultas Teknik)
  8. Rizaldy Surya Septian (Fakultas Psikologi dan Humaniora)
  9. Melda Saumaningrum (Fakultas Ilmu Kesehatab)
  10. Devi Anthonita Eka Putri (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Mereka akan mengikuti perkuliahan mulai 22 Februari hingga 25 Juni 2021. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?