Daerah Kegiatan

Rangkaian Dies Natalis Ke-41, Universitas Tidar Gelar Acara Bedah Buku

MAGELANG - Universitas Tidar (Untidar) menyelenggarakan Bedah Buku secara luring dan daring yang disiarkan pula melalui kanal Youtube Universitas Tidar, Kamis (3/12/2020). Bedah buku ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-41 Universitas Tidar Tahun 2020. Acara kali ini mengusung tema “Memacu Semangat Generasi Muda untuk Berkarya”.

Acara diawali dengan sambutan dari Drs. Sujatmiko, M.P.A., yang merupakan Ketua Panitia Dies Natalis ke-41 Universitas Tidar 2020. Selanjutnya, acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Bedah Buku ini diharapkan memacu generasi muda, para mahasiswa Universitas Tidar. Tidak terkecuali para dosen muda untuk selalu berkarya dan segera melaksanakan studi lanjut.

“Sehingga mutu pembelajaran, pendidikan, maupun pengabdian dapat semakin baik,” ucapnya.

Hadir sebagai narasumber pada acara ini, yaitu Prof. Dr. Sukarno, M.Si (Dekan FKIP Universitas Tidar), Dr. A. Sri Haryati, M.Pd. (Dosen Universitas Tidar). Kemudian Dr. Mimi Mulyani, M.Hum (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FKIP Universitas Tidar). Serta dua alumni Universitas Tidar yaitu Imam Susetyo, S.Sos, dan Leni Sriharmiati, S.Sos.

Para narasumber Bedah Buku Untidar. (foto: Humas Untidar)

Selain para dosen dan alumni Universitas Tidar, acara Bedah Buku ini ternyata menarik minat para penulis dari berbagai daerah dan lintas instansi. Di antaranya, yaitu Dr. Tri Yuningsih, M.Si, (Kepala Departemen Administrasi Publik Universitas Diponegoro), Dr. Nana Noviana S.St, M.Kes dari Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan. Juga Dr. Moh. Zamili, M.M.Pd, dosen Universitas Ibrahimy Situbondo.

Menjadi salah satu kebanggaan bagi Universitas Tidar pula karena Bupati Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah, Dr. Junaedi, S.H., M.M., turut serta mengirimkan buku karya beliau yang berjudul “Collaborative Governance: Model Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia”.

Selanjutnya, keenam buku tersebut dibedah oleh Prof. Dr. I Dewa Putu Wijaya M.A. (guru besar UGM), Prof. Dr. Sri Suwitri, M.Si (Dekan FISIPOL Universitas Tidar). Turut membedah, Kepala PPPK LPPM UNY Dr. Marzuki, M.Ag, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd (ketua jurusan MIPA FKIP Universitas Tidar), dan Dr. AP. Khairul, M.Si (dosen STISIP Imam Bonjol Padang).

Narasumber, pembedah, dan peserta Bedah Buku berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Untidar berupaya selalu meningkatkan Tri Dharma Pendidikan dengan cara berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat di seluruh Indonesia.

Sebagai penyimpul sekaligus penutup acara, yaitu Dr. Eny Boedi Orbawati, M.Si. Menurut beliau, acara Bedah Buku ini bermanfaat bagi penulis untuk memperbaiki kualitas buku pada cetakan berikutnya.

“Sementara bagi para peserta dapat menjadi stimulus untuk meningkatkan literasi baca dan semangat berkarya,” katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?