Daerah

PHP2D Untidar, Pengolahan Limbah Ampas Tahu Menjadi Kripik

MAGELANG – Salah satu lembaga eksekutif mahasiswa di Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) mengikuti Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Program ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan atau lembaga Eksekutif Mahasiswa .

Tema PHP2D yang diangkat HIMATIKA Universitas Tidar adalah Pemberdayaan Masyarakat dengan LALISTA APIK (Pengolahan Limbah Ampas Tahu menjadi Kripik) di Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan dosen pendamping l Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd. Tim beranggotakan Rista Nur Eka Budiyanti dengan panggilan akrabnya Rista, ketua tim PHP2D, beserta segenap 14 anggotanya lainnya

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat khususnya peran Kader Desa Trasan karena dapat meningkatkan perekonomian kelompok, keluarga terlebih masyarakat sekitar,” kata Kepala Desa Trasan Drs Bagawat Gita dalam sambutannya.

Pelaksanaan progran PHP2D HIMATIKA UNTIDAR untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan ini diadakan mulai Juli hingga November. Berbagai tahapan sudah dilalui segenap tim PHP2D bersama ibu-ibu PKK Desa Trasan, dari tahap persiapan, tahap sosialisasi materi pengenalan dan alur PHP2D, tahap sosialisasi pembuatan kripik ampas tahu. Untuk tahap pemasaran produk baik dilakukan secara offline maupun online, dan ditahap akhir melaksanakan tahap monitoring dan evaluasi.

“Apabila selama bekerjasama dari awal sampai tahap yang sekarang ini banyak kesalahan maupun hal-hal yang tidak tepat, saya, kader dan juga segenap perangkat mohon maaf yang sebesar-besarnya,” jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?