Siswa SMA/SMK/MA se-Kota dan Kabupaten Magelang beradu karya mading. Lomba ini diikuti 27 tim, sementara setiap tim terdiri dari dua siswa.

Daerah

27 Tim Mading Sekolah Saling Beradu 


MAGELANG – Untuk memperingati Bulan Bahasa yang jatuh pada Oktober ini, Universitas Tidar (Untidar) Magelang menggelar berbagai kegiatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untidar Magelang menggelar Lomba Majalah Dinding (mading) khusus siswa SMA/SMK/MA se-Kota dan Kabupaten Magelang. Sebanyak 27 tim mengikuti lomba mading dengan tema “Memperkukuh Kecintaan dan Kebanggaan Generasi Muda terhadap Bahasa dan Budaya Indonesia”.

Masing-masing tim terdiri dari 2 siswa. Sementara setiap peserta diberikan waktu 120 menit untuk membuat mading. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Kampus Untidar.

Penilaian mading ini berdasarkan beberapa kriteria. Yaitu kreativitas, originalitas karya, rubrik, kesesuaian dengan tema, cara penyampaian, ide atau gagasan, dan tata letak. Rubrik wajib mading terdiri dari tajuk rencana, opini, feature, puisi, cerpen, dan advertensi atau mengenalkan potensi daerah yang ditulis tangan.

“Selain itu, mading juga menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak mengandung SARA,” kata salah satu Juri Lomba Mading Widya Ratna Kusumaningrum.

Selain lomba mading, untuk menyemarakkan Bulan Bahasa juga digelar acara lainnya. Diantaranya Lomba Cipta dan Baca Puisi, serta Lomba Poetry Reading di lingkungan Kampus Untidar. Rangkaian lomba ini merupakan bagian dari kegiatan Bulan Bahasa FKIP (BBF) yang diperingati setiap Oktober. Setelah melalui rangkaian penilaian, penyerahan hadiah berupa sertifikat, tropi dan uang pembinaan akan diserahkan pada puncak acara Bulan Bahasa Sabtu (29/10) mendatang.

 

 

Apa Tanggapan Anda ?