Opini

Ingin Masa SMA-mu Berkesan? Coba Ikuti Beberapa Kegiatan Menarik ini

Siedoo, Saat menimba ilmu di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) memang salah satu masa paling menyenangkan. Terlebih lagi jika diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Tentunya kamu juga tetap bisa bermain sambil menambah wawasan dan pengetahuan. Berikut beberapa hal menarik yang tidak boleh kamu lewatkan semasa SMA.

1. Belajar

Jangan salah, Belajar itu seru kok. Kamu bisa mempersiapkan itu sejak dari kelas X.

Dengan mempertimbangkan sulitnya masuk kuliah di perguruan tinggi favorit, kamu bisa mulai memetakan potensi, minat, bakat dan pelajaran yang ingin kamu tekuni.

2. Berorganisasi

Selain belajar, kamu juga harus coba mengikuti organisasi tingkat SMA, misalnya saja OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah).

Dengan mengikuti kegiatan organisasi, sudah pasti kamu akan belajar banyak hal. Kegiatan sekolah yang diselenggarakan lewat OSIS bisa membawamu untuk lebih tahu managemen waktu, kepemimpinan, komunikasi, toleransi dan berbagai keuntungan lainnya.

3. Ikut Kegiatan Ekstrakurikuler

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sama asiknya seperti ikut OSIS. Kamu bisa bebas memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Bahkan, aktif dalam kegiatan ini bisa mendukung kemampuan belajar, menambah relasi. Terlebih lagi, kamu bisa keliling Indonesia melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa kamu ikuti untuk mengasah kemampuan minat bakat. Misalnya saja Palang Merah Indonesia (PMI), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Siswa Pecinta Alam, Beladiri, Pramuka, Musik, dan yang lainnya.

4. Ikut Kompetisi atau Lomba

Pernah dengar Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS), Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)? Ya, itu adalah sederet kompetisi yang biasanya diadakan di sekolah-sekolah.

Kamu bisa mengikuti ajang-ajang kompetisi yang diselenggarakan pemerintah daerah, maupun pusat. Bahkan kamu juga bisa berkompetisi di ajang internasional, untuk membuktikan potensi diri dalam bidang olahraga, seni maupun akademik.

Menjadi siswa yang berprestasi tentunya akan jadi kebanggan bagi sekolah, orang tua, daerah, bahkan negara.

5. Mencoba Pertukaran Pelajar

Yang terakhir ini yang paling menarik. Jika kamu punya hobi menulis atau traveling, kamu bisa mencoba mengikuti program pertukaran pelajar.

Biasanya beberapa lembaga, institusi, maupun pemerintah menawarkan program pertukaran pelajar ke negara tertentu dengan gratis.

Bukan berarti kamu bisa jalan-jalan gratis. Kamu tetap harus sekolah, belajar dan bisa juga memperkenalkan budaya Indonesia di tempat kamu belajar. Kamu bisa memilih lama program ini dari mulai 3-12 bulan. Negara tujuan pertukaran pelajar juga beragam, mulai dari Asia bahkan Amerika.

Nah itu beberapa kegiatan positif yang bisa kamu ikuti semasa SMA. Jangan sampai masa SMA-mu sia-sia, karena pastinya akan kamu kenang pada masa kuliah nanti. (*)

Apa Tanggapan Anda ?