Ilustrasi CPNS, foto : net.

Nasional

Butuh 300 CPNS, Termasuk Tenaga Pendidik


SURABAYA – Bersiap-siap lah bagi yang ada di Jawa Timur (Jatim) pada khususnya. Ada kabar gembira bagi yang berkeinginan kuat untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pemerintah provinsi setempat bakal membuka lowongan CPNS pada tahun 2018 ini. Kebutuhannya sekitar 300 orang untuk tenaga pendidik, akuntansi keuangan, IT, tenaga medis, dokter hingga tenaga di bidang lainnya.

“Kebutuhan ideal PNS baru dari semua bidang di kami adalah 5.000. Tentu tak bisa kebutuhan ini dipenuhi sekaligus. Pasti bertahap,” kata Sekda Provinsi Jatim Ahmad Sukardi sebagaimana ditulis Tribunnews.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Jatim masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Untuk PNS di kantor pemerintahan tersebut ada 19.000-an orang. Dengan jumlah kantor yang membawahi 38 kabupaten kota, idealnya harus ada 30.000 PNS. Jumlah itu belum termasuk jumlah guru PNS yang saat ini jumlahnya sebanyak 35.000.

“Setiap tahun ada paling sedikit 60 PNS yang pensiun. Mereka harus diisi kembali tenaga yang lebih terampil dan fresh. Selain tuntutan era dan kebutuhan,” kata Sukardi.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur saat ini tengah menghitung jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa pensiun.

Ia menyebut jumlah ASN yang pensiun di seluruh penjuru Indonesia mencapai 200 ribuan orang.

“Saya sekarang sedang menghitung jumlah pensiun dari total ASN, kurang lebih 200 ribu lebih (di seluruh Indonesia),” ujar Asman.

Ia mengakui kementeriannya nantinya akan merekrut separuh dari jumlah ASN yang pensiun. Yakni, sekira 100 ribuan CPNS akan kembali dibuka, termasuk CPNS yang dibutuhkan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kita berharap tahun 2018 akan menerima minimum 50 persennya. Artinya lebih kurang 100 ribu lebih akan kita terima jadi PNS, termasuk Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?