Ilustrasi mengerjakan soal untuk seleksi CPNS. l sumber : sukses-cpns.com

Nasional

Berikut Tips Mengerjakan Soal CPNS dari Peraih Nilai Tertinggi


Siedoo, Dosen muda Politeknik Negeri Pontianak, Kalimantan Barat, Herianto menjadi lulusan CPNS tahun 2018 dengan nilai tertinggai di formasinya. Ia pun berbagi tips agar bisa lulus tes CPNS. Tips ini merupakan hasil pengalamannya dalam mengikuti tes CPNS tahun lalu.

Dalam tes CPNS ada tiga bidang yakni bidang Tes lntelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Melansir dari antara.com, pertama, dalam mengisi jawaban tes diperlukan ketepatan dan kecepatan. Hal itu dilakukan agar mencapai ambang batas yang ditentukan.

“Untuk menjawab soal tes, bukan hanya tepat yang diperhatikan namun kecepatan juga karena ada waktu pengerjaan soal. Jawaban harus benar dan sesuai waktu," tandasnya.

Kedua, untuk soal TIU, setiap calon yang ikut CPNS harus sering latihan karena metode yang dipelajari banyak. Dari soal tes yang ada polanya hampir mirip.

"Jadi peserta memang dituntut untuk latihan dan baca serta amati pola pertanyaan dan jawaban dari soal sebelumnya atau prediksi soal yang ada. Dari soal tes yang ada polanya hampir mirip," katanya.

Ketiga, untuk TWK harus menguasai makna Pancasila dan Undang-undang serta penerapannya dalam kehidupan sehari - hari.

"Untuk TWK itu, peserta harus banyak baca. Pahami garis besar soal makna Pancasila, UU dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Keempat, untuk tes TKP, peserta harus mengubah pola pikir, dengan memposisikan diri sebagai ASN yang harus dituntut berintegritas, profesional dan mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi.

"Untuk proses tes, kita harus tulus, sabar dan pintar, terus berusaha. Untuk strategi tentu punya masing-masing cara. Namun, secara umum harus pahami materi tes," kata dia.

Dilansir tribunjakarta.com, BKN membagikan tips dan panduan agar lolos seleksi. Anty, seorang CPNS 2018 BKN, membagikan tips dan kunci suksesnya lolos seleksi. "Saya lulus CPNS karena kerja keras, belajar dan manajemen waktu," tandasnya.

Anty menuturkan pentingnya belajar untuk persiapan tes CPNS agar semakin terlatih mengejarkan soal dengan cepat dan tepat. "Bisa dilihat kita dapat 100 soal tetapi waktunya 90 menit sehingga kita harus belajar tipe soalnya," papar Anty.

Menurut Anty, saat mengerjakan tes CPNS itu peserta harus tenang meski waktu yang diberikan terbatas. "Berusaha tenang dan fokus kerjakan soal," ungkapnya.

Anty mengaku, ia memiliki tips untuk membagi tingkat kesulitan tipe soal yang ada di seleksi CPNS tersebut. Lebih lanjut, ia akan memilih untuk mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. "Saat soal sulit saya kasih tanda dan akan dicek terakhir. Saya memastikan tiap soal itu dijawab tepat," jelas Anty. (*)

Apa Tanggapan Anda ?