Tokoh

Arsiparis IPB University, Farhah Faridah Raih Juara 3 LKTK 2020

Siedoo, Pada ajang yang terbuka untuk umum, yaitu Lomba Karya Tulis Kearsipan (LKTK) 2020, Farhah Faridah, S.E., M.M. meraih prestasi membanggakan berkat penelitian kecilnya. Arsiparis Ahli Madya IPB University berhasil menjadi Juara 3 Kategori Arsiparis dalam lomba yang digelar oleh Universitas Gajah Mada (UGM) itu.

Dia mengetahui info lomba ini dari Whatapps Group (WAG) Forum Pengelola Arsip IPB University. WAG ini berisikan anggota Arsiparis dan Pengelola Arsip IPB University. Selama ini dia belum pernah publish tulisan jurnal di manapun. Awalnya, dia merasa bahwa menulis jurnal itu susah, tapi tetap dicobanya.

“Karenanya saya ikut lomba dan melakukan penelitian kecil dengan tema yang ada di sekitar saya,” akunya di laman ipb.ac.id (4/6/2020).

Dikatakan Farhah, lomba ini memiliki empat tema yakni Pengembangan Sumber Daya Manusia Kearsipan, Peranan Arsip dalam Pengembangan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Kemudian Kearsipan dan Teknologi  Informasi, serta Kearsipan dan Isu-isu Terkini. Dalam kesempatan itu, Farhah mengambil tema Peranan Arsip dalam Pengembangan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Menurutnya tema itu menarik untuk dikupas.

Pada saat itu di WAG Forum Kearsipan Perguruan Tinggi yang anggotanya berisi arsiparis dan pengelola arsip perguruan tinggi seluruh Indonesia, Kemdikbud dan ANRI sedang membahas arsip tugas akhir. Diskusi itu sangat menarik bahwa tugas akhir merupakan arsip dan berketerangan permanen di Jadwal Retensi Arsip (JRA). Di mana hal itu memiliki peranan penting di perguruan tinggi merupakan salah satu arsip sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Lingkup tulisan Farhah di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University. Di mana kuesioner dan pengumpulan data selesai sebelum Work from Home (WFH), sehingga saat WFH dia melanjutkan penelitian dengan wawancara virtual dan menyelesaikan tulisan.

“Ini adalah lomba pertama saya dalam karya tulis kearsipan. Saya juga tidak menduga menjadi juara, karena target awalnya adalah lolos dan layak publish di jurnal kearsipan UGM walaupun tidak menang,” ujarnya.

Farhah Faridah saat ini menjabat sebagai Kepala Tata Usaha (KTU) di Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Dia berharap dari lomba ini ke depan bisa menambah semangat dalam menghasilkan karya dan inovasi kearsipan lainnya yang bermanfaat. (*)

Apa Tanggapan Anda ?