Opini Tokoh

Dosen IPB University Ini Bagikan Tips Upgrade Skill Selama Masa Pandemi Covid-19

Siedoo, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dengan membatasi kegiatan sosial akibat pandemi Covid-19. Kegiatan pendidikan, pekerjaan bahkan ibadah banyak dilaksanakan di rumah. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan softskill. Untuk itu, perlu tahu bagaimana meng-upgrade skill selama masa Covid-19.

Gema Parasti Mindara,  S.Si, M.Kom, Dosen IPB University yang juga konselor di Sekolah Vokasi IPB University memberikan beberapa tips untuk meng-upgrade skill. Menurut Gema, bagi para mahasiswa penting memiliki bakat yang bisa dikembangkan, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Berikut tips yang diberikan seperti dilansir dari laaman ipb.ac.id (3/6/2020).

Kenali Potensi Diri
Pertama, kenali potensi dan passion sebelum meng-upgrade skill. Memang sebaiknya pikirkan baik-baik apa yang menjadi potensi dan passion. Carilah sesuatu yang disenangi dan tidak pernah bosan untuk mencobanya lagi dan lagi. Kita juga bisa mengikuti pelatihan online yang berkaitan dengan skill yang diinginkan.

Ada banyak sekali pelatihan online di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Selain itu, saat ini, sertifikat kompetensi sangat dibutuhkan di dunia kerja. Karena perusahaan saat ini mencari orang dengan skill tertentu. Carilah informasi kapan diadakan tes sertifikat kompetensi, daftar dan catat tanggal tesnya.

Masa Work from Home (WFH) juga bisa dimanfaatkan untuk mencari komunitas dan membuat jaringan. Jaringan ini penting, agar saat orang lain mencari skill yang spesifik, mereka akan mencari di jaringan yang mereka punya dan ke komunitas-komunitas yang ada.

Asah Keterampilan Diri

Mengikuti berbagai kompetisi juga bisa menjadi salah satu pilihan. Saat mengikuti kompetisi itu, selain menambah kepercayaan diri, juga akan dapat mendapat banyak pengalaman. Semakin banyak pengalaman dan latihan terus menerus, lambat laun skill akan makin terasah.

Kita juga bisa mulai menambahkan skill di linked In. Hal ini dilakukan untuk membuat branding diri. Biasanya HRD perusahaan akan melihat skill yang kalian punya di CV dan linked In, maka sering-seringlah update linked In.
Posting hasil karya di media sosial ternyata bisa menjadi cara menyebarkan portofolio kita. Portofolio penting karena selain sebagai branding, hal tersebut akan membuat orang lain yakin dengan kemampuan yang  kita punya.

Bagi para mahasiswa juga harus bisa bagi waktu antara kegiatan kampus dengan upgrade skill. Ini yang penting, jangan sampai saat upgrade skill, tapi lupa dengan tugas utama sebagai mahasiswa. Tetap laksanakan tugas-tugas sebagai mahasiswa dan perkaya diri  dengan skill yang dikuasai. (*)

Apa Tanggapan Anda ?