Tokoh

Mahasiswa IPB University Motivasi Siswa SMA Belajar di Tengah Pandemi

Siedoo, Merebaknya wabah COVID-19 menuntut dunia pendidikan untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga muncul berbagai ide kreatif dan inovatif untuk memperlancar pembelajaran daring. Salah satunya adalah Ari Triharyono, mahasiswa dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.

Dilansir dari laman ipb.ac.id (24/4/2020), Ari mengajak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Rembang Jawa Tengah untuk tetap semangat belajar melalui media sosial. Ari membuat Bilik Belajar Community (BBC), yakni seminar online, beberapa waktu lalu untuk menggalakkan semangat belajar siswa SMA meski tetap di rumah saja.

“Alhamdulillah atas nama BBC, saya berhasil mengajak kurang lebih sekitar 110 siswa di Kabupaten Rembang yang berasal dari 15 sekolah untuk mengikuti seminar online. Seminar online ini tujuannya untuk memberikan motivasi ke siswa SMA untuk tetap semangat belajar,” kata Ari.
Seminar online ini diadakan melalui group whatsapp yang bekerja sama dengan salah satu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Sulang di Kabupaten Rembang. Cara motivasi siswa yang diberikan Ari dan teman-teman dari BBC dikemas dalam tema “Raih Bintang Untuk Rembang Cemerlang” yang membahas dua hal yaitu My Own Gold dan Campus Life.
Mungkin ini hal sederhana yang bisa dilakukanAri  untuk tanah kelahirannya. Dia mendapat dukungan dari Ardella Maharani mahasiswa IPB University. Serta Fitri Nurjanah mahasiswa UI yang turut berpartisipasi menjadi narasumber untuk berbagi inspirasi.
Ari mengatakan, BBC bergerak untuk anak-anak desa, jadi tepat untuk Rembang.  Sehingga dia memang memilih untuk berbagi inspirasi dalam bidang pendidikan.

“Saya berharap, ke depan bisa terus berbagi inspirasi sekecil apapun itu dan dapat mengembangkan BBC untuk lebih bermanfaat lagi bagi anak-anak desa,” harapnya. (*)

 

Apa Tanggapan Anda ?